Top 3 Dunia, Rusia Sebut AS Bakal Bangkrut Bantu Ukraina, Pesawat China Terbakar

Berita dunia terkini datang dari Rusia yang menyebut AS akan bangkrut jika terus membantu Ukraina hingga kabarnya pesawat China yang terbakar setelah lepas kandas.

Top 3 Dunia, Rusia Sebut AS Bakal Bangkrut Bantu Ukraina, Pesawat China Terbakar
Top 3 Dunia, Rusia Sebut AS Bakal Bangkrut Bantu Ukraina, Pesawat China Terbakar. Gambar : Dok. Ukrainian Presidential Press Service/Handout via REUTERS

BaperaNews - 3 berita terpopuler dari dunia internasional hari ini datang dari Rusia yang menyebut AS akan bangkrut lebih cepat jika terus memberi bantuan untuk Ukraina, sementara berita lain masih tentang Rusia dimana ada sejuta warga mendukung petisi Save Mariupol, dan berita terakhir dari China yang terbakar pesawatnya setelah lepas landas.

Berikut berita selengkapnya yang akan kami sajikan untuk anda. 

  1.       Rusia : AS bangkrut lebih cepat

Mantan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev menyebut Amerika Serikat sedang melakukan perang proksi melawan Rusia setelah Dewan Perwakilan Rakyat setempat menyetujui untuk memberi bantuan kepada Ukraina senilai 40 Miliar dollar AS yang menurutnya justru akan membuat ekonomi AS menderita.

Perang proxy sendiri artinya perang antara dua Negara namun tidak berhadapan langsung. “Itu tak akan berhasil, mesin cetak dimana AS terus menaikkan utang pemerintahannya sudah naik dan akan pecah lebih cepat” ujarnya Rabu 11 Mei 2022.

Baca Juga : Ukraina Menyerah, Pasukan Rusia Kuasai Kota Rubizhne

  1.       Dukungan untuk petisi Save Mariupol

Satu juta lebih warga dari seluruh dunia sudah mendukung petisi Save Mariupol per Rabu malam 11 Mei 2022 yakni sebanyak 1.243.443 orang, petisi dibuat oleh koordinator sukarelawan asal Ukraina bernama Kateryna Prokhorenko yang meminta tolong pada PBB untuk evakuasi warga sipil yang masih tersisa di Mariupol.

“Penduduk sipil, dan personel militer yang membela Mariupol bertahan dalam kondisi yang tidak manusiawi, sejumlah pemimpin dunia sudah mengakui tindakan Negara aggressor sebagai genosida untuk warga Ukraina” bunyi petisi tersebut.

  1.       Pesawat di China terbakar, 36 penumpang luka

Airbus A319 milik Tibet Airlines China terbakar sesaat setelah pilot memutuskan untuk batal lepas landas karena merasa ada yang tidak beres, pesawat pun keluar dari landasan, namun semua penumpang dan awak di dalamnya berhasil selamat. Insiden terjadi di Bandara Chongqing hari Kamis 12 Mei 2022.

Dalam kecelakaan tersebut, ada 36 penumpang luka ringan, jumlah penumpangnya sendiri ada 113 dan awak pesawat berjumlah 9 orang. Dalam video yang ditampilkan di media setempat, Nampak pesawat terbakar dengan api membumbung dari sisi kiri, penumpang dan awak segera dievakuasi, kejadian pada pukul 8 pagi waktu setempat, luncuran untuk evakuasi menyebabkan cedera ringan.

Baca Juga : Jokowi Tak Disambut Pejabat AS Hingga Thailand Yang Bagi-Bagi Pohon Ganja