Top 3 Dunia, Peringatan Hari Kemenangan Di Rusia Dan Kolombia Lawan Narkoba

Berita terkini datang dari pidato Presiden Vladimir Putin dalam peringatan hari kemenangan ke 77, Ukraina yang juga memperingati hari kemenangan ini di tengah invasi Rusia, serta Kolombia yang berjuang melawan narkoba!

Top 3 Dunia, Peringatan Hari Kemenangan Di Rusia Dan Kolombia Lawan Narkoba
Peringatan Hari Kemenangan Di Rusia . Gambar : Dok. Anton Novoderezhkin / SPUTNIK / AFP

BaperaNews - Berita terpopuler dari seluruh dunia kali ini datang dari pidato Presiden Vladimir Putin dalam peringatan hari kemenangan ke 77 atau disebut Victory Day. Selanjutnya ada Ukraina yang juga memperingati hari kemenangan ini di tengah invasi Rusia, sedangkan Negara Kolombia justru sedang berjuang melawan narkoba.

Berikut berita selengkapnya yang akan kami berikan untuk anda. 

  1.       Putin janjikan kemenangan seperti PD II

Presiden Vladimir Putin bersumpah untuk memenangkan perang di Ukraina layaknya ketika Perang Dunia II. “Hari ini, tentara kami sebagai nenek moyang Ukraina berjuang berdampingan untuk bebaskan tanah air mereka dari kotoran Nazi, dengan keyakinan seperti tahun 1945, kemenangan akan jadi milik kita” ujarnya hari Minggu 8 Mei 2022. Vladimir Putin mengklaim keputusannya untuk melakukan operasi militer di Ukraina ialah tindakan denazifikasi dan demiliterisasi Ukraina.

  1.       Ukraina dan Rusia sama-sama peringati hari kemenangan

Ukraina ikut rayakan 77 tahun hari kemenangan atas Nazizme di PD II 9 Mei 2022, Ukraina menyempatkan diri untuk merayakannya di tengah invasi Rusia. Hari kemenangan ini disebut juga dengan Victory Europe Day yang merupakan perayaan atas jatuhnya Nazi di Jerman.

Baca Juga: Warga China Frustasi Lockdown Sampai Finlandia Gabung NATO

Jerman menyerah dan wilayah Berlin dikuasai oleh Uni Soviet pada awal Mei 1945, kemudian hari kemenangan mulai diperingati sejak tahun 1965 oleh Leonid Brezhnev yang merupakan seorang veteran PD II.

Hari kemenangan ini juga dirayakan oleh Negara lain di Uni Soviet, tanggal peringatan sebenarnya ialah 8 Mei 1945, pada saat itu komandan pasukan Jerman yang tersisa menyerah kepada tentara militer Uni Soviet, tapi adanya perbedaan waktu antara Berlin dan Moskow membuat peristiwa tersebut diperingati di Rusia dan Ukraina pada 9 Mei.

  1.       Kolombia berjuang lawan kartel narkoba

Kolombia sedang berjuang melawan kartel narkoba dengan mengerahkan lebih dari 50 ribu pasukan militernya, anak buah gembong narkoba bernama Diaro Antonio sebelumnya nekat membakar mobil dan mengancam para warga sebagai bentuk balas dendam atas ekstradisi pemimpinnya ke AS.

Menhan Kolombia, Diego Molano menyampaikan pada hari Minggu 8 Mei 2022 bahwa ada tambahan 20.000 tentara dan polisi dikerahkan untuk gabung dengan 50 ribu pasukan militer lainnya untuk menghadapi kartel Gulf Clan pimpinan Diaro.

Diego menyebut pasukan akan bertugas untuk mengamankan jalan sehingga usaha kecil yang terpukul dengan keras bisa segera dipulihkan.

Baca Juga : Kim Jong Un Selamati Putin Saat Rusia Peringati Hari Kemenangan