Timnas Vietnam Dihukum Oleh FIFA Usai Bertemu Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Timnas Vietnam diberikan hukuman oleh FIFA berupa denda sebesar 6 ribu franc Swiss atau setara dengan Rp 92 juta usai bertemu dengan Arab Saudi di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Vietnam Dihukum Oleh FIFA Usai Bertemu Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2022
Timnas Vietnam Dihukum Oleh FIFA Usai Bertemu Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Gambar: AFP/ Roslan Rahman

BaperaNews - Timnas Vietnam dijatuhi hukuman berupa denda oleh FIFA sebesar 6 ribu franc Swiss atau setara dengan Rp 92 juta usai bermain brutal saat bertemu dengan Arab Saudi di pertemuan kedua di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.

Duel antara Timnas Vietnam dan Timnas Arab Saudi itu terjadi pada laga keenam Grup B di Stadion My Dinh, pada pertengahan November 2021. Dalam laga tersebut Vietnam mengeoleksi enam kartu kuning.

Dalam pertandingan yang berlangsung cukup keras, terdapat 28 pelanggaran yang terjadi. 17 pelanggarana diantaranya dibuat oleh tim asuhan Park Hang Seo yang tampil brutal dan membuahkan enam katu kuning. Sementara 11 sisanya dilakukan oleh Arab Saudi dan membuahkan 2 kartu kuning.

Menurut regulasi FIFA, sebuah tim akan dikenakan denda jika menerima lima atau lebih kartu kuning dalam satu pertandingan. Denda tersebut diberikan sebagai bentuk hukuman kepada tim yang dianggap anti-semangat sportivitas.

Kartu kuning tersebut diberikan kepada Phan Van Duc, Nguyen Van Toan, Nguyen Thanh Chung, Nguyen Tuan Anh, Que Ngoc Hai, dan Nguyen Cong Phuong.

Akibat dari perolehan kartu kuning tersebut, Que Ngoc Hai dan Tuan Anh mendapatkan akumulasi kartu dan tidak bisa bermain saat akan bertemu dengan Australia pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022, pada Kamis (27/1).

Thethao247 memberitakan bahwa salah satu faktor Timnas Vietnam dengan julukan The Golden Star Warrios banyak menerma kartu kuning dan melakukan pelanggaran karena sering diserang oleh lawan yang notabenenya memiliki kualitas yang lebih bagus.

Dengan adanya tekanan tersebut membuat Timnas Vietnam yang merupakan asuhan Park Hang Seo pun berfokus pada pertahanan, sehingga sering melakukan pelanggaran.

Tentu saja, praktik kotor tersebut sangat mencederai semangat fair play yang sering dikampanyekan oleh FIFA. Parahnya lagi, semua pemain yang terlibat dalam pengaturan skor itu telah bertahun-tahun melakukannya di turnamen tingkat nasional. Karena itu, FIFA tak tanggung-tanggung memberikan hukuman berat pada Timnas Vietnam.

Di klasemen Grup B Kualifikasi Piala Dunia 2022, Vietnam kini terpuruk berada di dasar klasemen tanpa mengoleksi poin dalam enam pertandingan. Timnas Vietnam masih menyisakan empat pertandingan lagi di grup tersebut dengan melawan Australia, China, Arab Saudi, dan Jepang.