Timnas Valorant Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2023

Timnas eSports Valorant Indonesia dan Singapura mencatat sejarah dengan berbagi medali emas di SEA Games 2023. Temukan informasi lengkap tentang pertandingan sengit dan keputusan yang diambil oleh PBESI dalam artikel ini.

Timnas Valorant Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2023
Timnas Valorant Indonesia Raih Medali Emas di SEA Games 2023. Gambar : oneesports.id/Richard Permana

BaperaNewsUsai drama panjang di laga final eSports Valorant SEA Games Kamboja 2023, diputuskan Indonesia dan Singapura berbagi medali emas. Medali emas ini jadi yang pertama untuk cabang eSports Valorant Indonesia.

Pada siaran langsung di Instagram PBESI (Pengurus Besar eSports Indonesia) semua atlet Timnas eSports Indonesia maju menerima medali emas sedangkan Singapura diwakili oleh satu atlet saja. Selain Indonesia dan Singapura yang berbagi medali emas Valorant, tim Filipina dan Vietnam juga berbagi medali perunggu Valorant.

Sebelumnya timnas Valorant Indonesia tertinggal 1 match dari timnas Singapura dengan skor 0-1. Namun di map 2 ketika laga berlangsung sengit, pertandingan kedua tim harus dihentikan sementara karena Indonesia mengajukan Technical Pause dengan dugaan Singapura membuat bug cyper selama laga berlangsung. 

Baca Juga : Daftar Dugaan Adanya Kecurangan Kamboja di SEA Games 2023

Pada hari Kamis (11/5), PBESI menyatakan timnas Valorant Indonesia tidak mau lanjut babak final karena tuntutan untuk menjunjung tinggi sportivitas, integritas, dan fair play tidak dipenuhi oleh panitia penyelenggara. PBESI menolak adanya tindak kecurangan yang mencederai nilai tersebut dan dengan tegas pula menyatakan seharusnya pihak yang curang didiskualifikasi.

Sekjen PBESI Frengky Ong menyatakan telah temukan bukti kecurangan pada final cabor eSports Valorant Indonesia vs Singapura pada 10 Mei 2023 lalu. “Kami tak bisa mentolerir tindak-tindak tidak terpuji” tegas Ong.

Telah ditemukan bukti adanya bug camera cyper sebanyak 3 kali, maka atlet Indonesia pun menyampaikan keberatan. Meski demikian, pihak wasit tidak menghentikan pertandingan dan menyebut itu hanya pelanggaran ringan, padahal camera agent cypher ialah bug yang dilarang untuk dipergunakan.

Timnas Valorant Indonesia beranggotakan Delbert Tanoto, Sheldon Andersen, Kevin Gunawan, Oliver Budi, Nanda Rizana, Bryan Carlos, dan Willy Ivandra dengan pelatih Baskoro Dwi dan asisten pelatih Iqbal Yusup dan Muhammad Rafi.

Medali emas yang diraih timnas Valorant Indonesia ini menjadi emas pertama Indonesia dari cabang olahraga eSports. Sebelumnya Indonesia mendapat medali perah di cabang eSports CrossFire usai kalah dari Vietnam di babak final.

Timnas CrossFire Indonesia beranggotakan Kautsar Ekatama, Ivan Supardi, Adrian Setiawan, Samuel Santosa, Jason Adrian, dan Riddho Putra. Mereka tampil impresif meski harus puas dengan medali perak. Selamat untuk Timnas Valorant dan Timnas CrossFire atas pencapaian terbaik di SEA Games Kamboja 2023!

Baca Juga : PBESI Rilis Daftar Roster Timnas PUBG Mobile Indonesia SEA Games 2023 Kamboja