Timnas Indonesia U-20 Diingatkan Level Piala Dunia Usai Kalah Telak Dari Prancis

Timnas Indonesia U-20 diingatkan tentang level Piala Dunia usai kalah telak 0-6 dari Timnas Prancis dalam laga uji coba di Spanyol.

Timnas Indonesia U-20 Diingatkan Level Piala Dunia Usai Kalah Telak Dari Prancis
Timnas Indonesia U-20 diingatkan level Piala Dunia usai kalah telak dari Prancis. Gambar : Twitter/@PSSI

BaperaNews - Timnas Indonesia U-20 kalah telak 0-6 dari Timnas Prancis dalam laga uji coba di Spanyol. Laga uji coba ini sebenarnya menjadi tolak ukur kekuatan garuda muda di hadapan para calon lawan Piala Dunia U-20 2023.

Gol Timnas Prancis dibuat oleh Andy Diouf, Mathis Abline, dan Alexis Tibidi pada babak pertama. Sedangkan tiga gol tambahan dibuat Abline, Martin Adeline, dan Cisse di babak kedua. Pelatih Timnas Prancis U-20 Chauvin menyebut level Timnas Indonesia saat ini memang masih berada di bawah timnya.

“Penting bagi kami untuk menjalani laga seperti ini dan target utama Prancis kali ini ialah bertemu lawan yang belum pernah kami hadapi, jelas ada perbedaan level, tapi Indonesia adalah tuan rumah, mereka bisa jadi lawan kami” ujarnya.

Timnas Indonesia U-20 belum bisa mengimbangi permainan Prancis di Murcia tersebut. Marselino Ferdinan dkk enam kali kebobolan dan belum sanggup satu kalipun membobol gawang Prancis. Meski kalah telak dengan perolehan jarak skor cukup jauh, Timnas Indonesia mendapat pelajaran dan pengalaman berharga dimana Prancis adalah salah satu peserta Piala Dunia U-20 2023 mendatang yang juga akan diikuti oleh Indonesia.

Baca Juga : Kemenpora Belum Bisa Pastikan Kapan Liga 1 Diizinkan Lanjut

Prancis sebelumnya lolos sebagai semifinalis Piala Eropa U-20, tandanya, masih ada dua tim yang lebih baik dibanding Prancis di kawasan Eropa yakni Israel dan Inggris yang lolos di partai final.

Usai kalah dari Timnas Prancis U-20, pelatih Shin Tae Yong mengakui memang ada sejumlah kelemahan yang harus ia evaluasi, salah satunya ialah sering membuat kesalahan sendiri. Faktor mental juga disorot, Indonesia dinilai sudah merasa minder dan gentar lebih dulu ketika melawan Prancis.

“Karena kondisi mereka belum pulih, kelelahan, pemain belum bisa memberi kemampuan terbaiknya. Memang ada evaluasi untuk tim, tadi di pertandingan juga banyak melakukan kesalahan. Kami ingin jika pemain melawan tim yang lebih kuat, kualitasnya di atas mereka, mereka jangan takut dan harus kuat mentalnya” tutur Shin.

Dengan menyadari adanya kelemahan ini, Indonesia masih punya kesempatan untuk merapatkan jarak mental dan kualitas mereka dengan tim-tim kuat lain peserta Piala Dunia yang akan dihadapi pada Mei 2023 mendatang.

Sebelum Piala Dunia U-20 2023, Indonesia akan berlaga lebih dulu di Piala Asia di Uzbekistan pada Maret 2023. Usai melawan Prancis, Indonesia akan melanjutkan laga uji coba melawan Tuimnas Slovakia pada Sabtu (19/11) mendatang. Tetap semangat dan sukses untuk Timnas Indonesia U-20!

Baca Juga : Resmi Jadi WNI, STY Masukkan Jordi Amat Dan Sandy Walsh Ke Skuad Timnas Indonesia