Timnas Indonesia Akan Dikirim Ke Eropa Untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

Usai menjadi juara Piala AFF U-16, Timnas Indonesia akan berlatih di salah satu Negara Eropa untuk mempersiapkan diri dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Timnas Indonesia Akan Dikirim Ke Eropa Untuk Kualifikasi Piala Asia U-17 2023
Timnas Indonesia akan akan berlatih di salah satu Negara Eropa untuk mempersiapkan diri dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Gambar : Instagram.com/@pssi

BaperaNews - Timnas Indonesia U-16 direncanakan akan berlatih di salah satu Negara Eropa untuk mempersiapkan diri dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Usai jadi juara Piala AFF U-16 2022, Iqbal Gwijangge dkk memang memiliki tugas berat yang menanti yakni akan bertemu dengan Malaysia, Palestina, Guam, dan Uni Emirat Arab pada 1-9 Oktober 2022 mendatang.

Indonesia dan empat Negara tersebut tergabung dalam Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang akan dilaksanakan di Indonesia. Menghadapi lawan yang tak bisa diremehkan, persiapan pun dilakukan sejak jauh-jauh hari.

“Kami akan diskusi dengan internal federasi, kalau di luar negeri nanti lokasinya di Negara yang sepakbolanya kuat seperti Spanyol, Portugal, Belanda, atau lainnya” ujar Ketum PSSI Mochammad Iriawan.

Pemusatan latihan di luar negeri akan masuk dalam roadmap Timnas Indonesia U-16. PSSI berjanji akan koordinasi dengan pemerintah dan Kemenpora agar rencana berjalan lancar. “Saya menyampaikan itu kepada Menpora Zainuddin Amali dan beliau sangat mendukung. Namun mungkin timnas akan dimatangkan dulu di dalam negeri” imbuhnya.

Menpora mendukung karena pelatihan tersebut bisa memberi pembinaan jangka panjang untuk timnas Indonesia U-16. “Jadi kami tinggal koordinasi dengan PSSI, Mudah-mudahan ada dukungan dari Kementerian dan Lembaga ini karena ini masuk di instruksi” sambung Zainuddin.

Baca Juga : Jokowi Beri Selamat Timnas U-16, Juara Piala AFF Jadi Kado Hut Kemerdekaan

Piala Asia U-17 2023

Piala Asia U-17 2023 ialah laga internasional bergengsi selanjutnya yang akan diikuti oleh timnas Indonesia. Timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah Grup B  pada 1-9 Oktober 2022.

Kualifikasi sendiri diikuti oleh 44 negara yang dibagi dalam 10 Grup, hanya sepuluh juara grup dan lima runner up terbaik yang lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Tentunya Iqbal dkk harus siap menjalani latihan lebih intens untuk mempersiapkannya.

“Harapan saya, kami tetap rendah hati. Kami tidak boleh sombong, saya sudah sampaikan tak perlu euphoria berlebihan. Sebab setelah ini, kami harus fokus dengan Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 dan kami akan persiapkan lebih baik lagi” ujar pelatih timnas Indonesia U-16 Bima Sakti.

Mengingat laga kualifikasi akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022, artinya persiapan hanya tinggal sebulan lagi, sebab itu, Bima Sakti memastikan anak didiknya akan berlatih sebaik mungkin untuk bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.