Timnas Basket Indonesia Akan Ikuti Piala Dunia 3x3 di Hungaria

Kabar Baik, Timnas Basket Indonesia Akan Ikuti Piala Dunia 3x3 di Hungaria

Timnas Basket Indonesia Akan Ikuti Piala Dunia 3x3 di Hungaria
Gambar : Perbasi

BaperaNews - Timnas basket Indonesia direncanakan mengikuti FIBA 3x3 World Cup U-18. PP Perbasi menyiapkan dua tim sekaligus, tim putra dan tim putri.

Piala Dunia itu akan berlangsung di Debrecen, Hungaria, 24-29 Agustus 2021. Timnas basket U-18 puteri diperkuat Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasa Sjahril, dan Margareth Rachel Janna. Mereka dipimpin Kepala Bidang Kepelatihan PP Perbasi Taufik Saleh sebagai team delegate.

Sedangkan Timnas putra, dipimpin Syafiq Ali Mubarak dengan pemain Rafael Pasha, Franciscus Gerick Fernando, Aaron Nathanael, dan Mikail Jaydra Muhammad. Kedua Timnas ini sudah berlatih di GMC Basketball Arena, Cirebon, Jawa Barat, sejak 8 Agustus lalu.

"Para pemain berlatih sampai 21 Agustus karena besoknya sudah harus bertolak ke Hungaria. Merekalah yang akan mewakili Indonesia di FIBA 3x3 World Cup U-18 karena tidak ada promosi dan degradasi dalam training center ini," kata Ketua Badan Tim Nasional Junior PP Perbasi Njoo Lie Wen dalam keterangan tertulisnya.

Pada keikutsertaan kali ini, para pemain diharapkan selain menimba pengalaman bermain dengan pemain terbaik di dunia, juga merasakan permainan level top dunia. Dengan begitu, ajang ini bisa menjadi tolok ukur atlet dapat berkembang lebih baik. Terlebih usia mereka pun rata-rata relatif muda. Tercatat ada tiga pemain yang masih berada di bawah usia 16 tahun.

"Kami membawa 3 orang pemain putri U-16 berada di tim agar mereka semakin kaya pengalaman karena masih bisa diikutkan Timnas U18 untuk 2 tahun mendatang," kata Team Delegate Timnas Bola Basket U-18 Putera Taufik Saleh dalam kesempatan yang sama.

Salah satunya selain untuk event FIBA 3x3 U-18 berikutnya, maupun FIBA Asia U-18 Women's Championship. Timnas Putri U-18 Indonesia masih tergabung dalam Level 1 (Division A) untuk FIBA Asian U-18 Women's," dia menambahkan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PP Perbasi Nirmala Dewi mengatakan, federasi mendukung penuh perjuangan Timnas Bola Basket U-18 di FIBA 3x3 World Cup.

Pada ajang ini, para pemain diharapkan memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkaya pengalaman bertanding. Menimba ilmu sebanyak-banyaknya untuk perkembangan bola basket Indonesia ke depannya.

Sumber : Detik