Tiang Sensor Dipasang Di Tol Jagorawi, Bayar Tol Tanpa Henti Akan Segera Terwujud

Tiang sensor untuk pembayaran tol tanpa henti telah dipasang di Tol Jagorawi arah Ciawi. Sistem bayar tol tanpa henti atau MLFF akan segera terwujud dalam waktu dekat!

Tiang Sensor Dipasang Di Tol Jagorawi, Bayar Tol Tanpa Henti Akan Segera Terwujud
Tiang sensor untuk pembayaran dipasang di Tol Jagorawi. Gambar : ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

BaperaNews - Tiang sensor pembayaran tol tanpa henti telah dipasang di Tol Jagorawi, apakah bayar sistem bayar tol tanpa henti akan terwujud dalam waktu dekat? Tiang seberat 4,5 ton sepanjang 24 meter tersebut dipasang di KM 18+370 Tol Jagorawi arah Ciawi mulai (19/10) pukul 22.00 WIB sampai (20/10) pukul 04.00 WIB.

“Adapun dampak dari rencana pemasangan tiang sensor bayar tol tanpa henti. Jasamarga Metropolitan Tollroad dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) yang menjadi pemilik pekerjaan ini kan melakukan koordinasi dan diskresi Kepolisian juga melakukan pengaturan lalu lintas buka tutup lajur secara kondisional” ujar Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Metropolitan Toll Road, ira Susiyanti pada Rabu (19/10).

Rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, rambu pengalihan lalu lintas, lampu selang, dan petugas disiagakan untuk mengatur lalu lintas.

“Jasa Marga mohon maaf jika muncul ketidaknyamanan yang timbul dari pekerjaan tiang sensor ini, diimbau kepada pengguna jalan agar memperhatikan jadwal pekerjaan tersebut dan memeriksa kondisi lalu lintas sebelum mengendara dan mengatur waktu berkendara” imbuhnya.

Baca Juga : Terminal 3 Bandara Soetta Buka SPKLU Kendaraan Listrik Mulai November 2022

Sebagai informasi, teknologi bayar tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) rencana akan dilakukan mulai akhir tahun 2022. “Kita harap teknologi ini bisa dilakukan uji cobanya di akhir tahun ini” tutur Kepala Sub Operasi dan Pemeliharaan Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian (BPJT ) PUPR Galuh Permana pada Rabu (18/10) lalu.

Teknologi ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan di pintu masuk jalan tol yang nantinya bisa berdampak baik pada produktivitas Indonesia karena hal-hal yang terhambat teratasi. Teknologi bayar tol tanpa henti atau MLFF menggunakan sistem Global Navigation Satelite System (GNSS), pengguna bisa bertransaksi melalui aplikasi khusus di smartphone.

Dengan demikian transaksi bisa dilakukan dengan cepat tanpa harus antri. Uji coba akan dilakukan pertama kali di Tol Jagorawi.

Kepala BPJT PUPR Danang Parikesit menyebut, nantinya akan ada satu gerbang khusus untuk sistem bayar tol tanpa henti atau MLFF.

“Uji coba akan dimulai dari Jagorawi, JORR-S, nanti di Samarinda Balikpapan, di beberapa ruas lagi, tahap pertama sekitar 6 ruas” ujarnya pada Senin (10/10).

Nantinya, sistem bayar tol tanpa henti atau MLFF akan diterapkan di seluruh tuas tol Indonesia atau secara nasional.

Baca Juga : Jaklingko Percepat Penerapan Face Recognition Untuk Di Semua Halte Transjakarta Dan Stasiun MRT