Ternyata Tak Semua Umat Hindu Merayakan Nyepi!

Menjelang hari raya nyepi yang jatuh pada hari Kamis (3/3/22), para umat hindu di seluruh dunia tentunya menyiapkan persiapannya selama melaksanakan nyepi, Ternyata tidak semua umat hindu merayakan nyepi lho! Simak informasi lengkapnya!

Ternyata Tak Semua Umat Hindu Merayakan Nyepi!
Hari raya nyepi di Bali. Gambar : freepik.com/ Dok. jcomp

BaperaNews - Sebentar lagi adalah Hari Raya Nyepi bagi umat Hindu. Berdasarkan sejarah yang telah dikutip Nyepi adalah hari peringatan tahun baru bagi umat Hindu atas naiknya Raja Kanishka di India pada tahun 78 Masehi. Naiknya Raja Kanishka pada tahun 78 Masehi yang berasal dari sekte minoritas dan berhasil membuat seluruh sekte yang ada di India setara dan disatukan dianggap sebagai sebuah kelahiran.

Nyepi diperingati pada hitungan Tilem Kesanga (IX)yang dipercaya sebagai hari penyucian dewa-dewa di pusat samudera yang membawa intisari amerta.  Perayaannya dimulai sejak tahun 78 Masehi saat kenaikan Raja Kanishka di India.

Tujuan utama dari Nyepi adalah memohon ke hdapan Tuhan Yang Maha Esa untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia) dan Bhuana Agung (alam semesta) dari keburukan. Hari Raya Nyepi ternyata tidak berlaku di negara agama Hindu berasal, India. Penganutnya justru merayakan tahun baru dengan meriah, seperti festival. Tahun baru yang dirayakan pun berbeda, tergantung daerah mereka tinggal.

Prinsip dan filosofi yang dirayakan oleh umat Hindu sedunia tidak berbeda pada dua perayaan tersebut, namun hari perayaannya berbeda. Perbedaan ini didasarkan pada sifat agama Hindu yang moderat dan dapat menyesuaikan dengan budaya dan kearifan lokal setempat.

Baca Juga: BCA Gandeng UMKM Lokal Dan Gunakan Batik Pekalongan Untuk Produksi 35.000 Seragam Baru!

Mengutip dari Kompas.com, Guru Besar Pariwisata dari Universitas Udayana, I Gede Pitana menuturkan bahwa agama Hindu dapat menyesuaikan kondisi setempat serta geografis umat. Sebagai contoh adalah perayaan Hari Raya Galungan di Bali dan Diwali di India.

Apakah Hindu di India merayakan Nyepi? Tidak. Jika Bali yang memperingati Tahun Baru Saka dengan melakukan kontemplasi, umat Hindu di India justru merayakannya dengan meriah.

Perlu diketahui, banyak aliran Hindu di India sehingga memunculkan banyak ragam festival Tahun Baru Saka.

Berikut cara umat Hindu di India dalam merayakan Tahun Baru Saka:

1. Perayaan Ugadi

menjadi tanda dimulainya Tahun Baru Saka Telugu di negara bagian Karnataka, Maharashtra dan Andhra Pradesh. Orang India di daerah ini akan membeli baju baru dan memakan makanan sehat untuk merayakan festival Ugadi.

Dalam perayaan ini, peserta festival akan mempersiapkan hidangan spesial yang disebut ugadi pachadi. Hidangan ini berupa variasi makanan dengan rasa yang berbeda, sebagai simbol harapan di tahun yang baru. Biasanya perayaan ini diadakan pada Maret atau April di tanggal yang berbeda.

2. Bohang Bihu

di negara bagian Assam menyambut tahun barunya dengan acara ini. Perayaan ini menjadi tanda dimulainya musim bertani di negara tersebut. Festival yang biasanya diadakan di pertengahan April ini penting untuk dirayakan sebab bisa membawa limpahan rezeki dan sukacita.

Itu dia informasi mengenai perayaan hari raya nyepi yang umumnya dirayakan oleh umat hindu yang ada di dunia. 

Baca Juga: Dijatah Uang Saku Rp 2 M Dari Indra Kenz Setiap Bulan, Begini Nasib Vannessa Khong Usai Kekasihnya Jadi Tersangka