Ternyata Ini Alasan Messi Pakai Topeng Saat Bermain untuk La Masia

Lionel Messi sempat menggunakan topeng wajah ketika bermain untuk La Masia. Kenapa Messi pakai topeng saat itu? Ini alasan Messi pakai topeng ketika bermain untuk La Masia.

Ternyata Ini Alasan Messi Pakai Topeng Saat Bermain untuk La Masia
Lionel Messi pernah menggunakan topeng saat bermain untuk La Masia. Gambar : Reuters / Albert Gea

BaperaNews - Topeng wajah sering dipakai pemain sepakbola ketika sedang berlaga, tak terkecuali Lionel Messi, ia pernah memakainya ketika bermain untuk La Masia.

Pemakaian topeng wajah sendiri ada alasannya. Lalu apa alasan Lionel Messi pakai topeng saat bermain untuk La Masia, simak alasannya dibawah ini.

Alasan Lionel Messi pakai topeng saat bermain untuk La Masia

Messi di kehidupan sehari-hari dikenal Lionel Messi sebagai sosok yang pemalu, sensitif, dan tertutup. Namun ketika di lapangan, ia bisa tampil total, garang dan jadi momok di tiap pertandingan. Sayangnya, hal ini pernah membawanya pada insiden cukup mengerikan, ketika ia masih bermain di tim junior Barcelona, di bawah asuhan pelatih Alex Garcia.

Saat itu Barcelona berhasil mengalahkan Espanyol, namun Messi mengalami insiden benturan keras hingga membuat tulang pipinya patah serius, membuatnya harus dilarikan ke rumah sakit. 8 hari usai insiden tersebut yakni 4 Mei 2002, Barcelona kembali berhadapan dengan Espanyol di Final Copa Catalunya.

Lionel Messi seharusnya tidak bermain, namun ia diberi izin oleh dokter dengan syarat memakai topeng sebagai pelindung wajahnya, sebab jika sampai Messi mengalami cedera kembali di wajahnya, bisa menyebabkan kerusakan yang lebih besar. Di 7 menit pertama, Messi memakai topeng.

Baca Juga : Fantastis! Segini Gaji Messi Dalam Per Detik

Namun Lionel Messi kemudian melepasnya. Ia berlari ke bangku cadangan, ia melepas topeng karena merasa tak bisa melihat bola dengan jelas, juga membuatnya lebih banyak berkeringat. Pelatih pun tidak mengijinkannya bermain, Messi memohon untuk bisa bermain lagi 20 menit saja.

“Biarkan saya main 20 menit lagi, dia memohon, kemudian dalam waktu 20 menit itu, dia mencetak 2 gol, selalu ada resiko dia bisa cedera parah tanpa masker. Saat itu dia baru berumur 16 tahun tapi kami percaya padanya sepenuhnya” tutur Alex Garcia pada Selasa (24/1).

Itulah alasan Lionel Messi pakai topeng saat bermain untuk La Masia.

Lionel Messi maupun pemain bola lainnya pernah memakai topeng ketika bertandingan di lapangan sepakbola, yakni untuk:

  • Melindungi dan meminimalisir terjadinya cedera wajah seperti benturan.
  • Mencegah trauma lanjutan jika ada luka atau cedera.
  • Melindungi mata dari luka terutama jika memiliki mata sensitif.
  • Memastikan pemain tetap bisa berlaga dengan aman meski memiliki masalah di wajahnya.
  • Melindungi bagian sensitif wajah lainnya seperti hidung dan dahi.
  • Melaksanakan anjuran dari dokter.
  • Mencegah resiko ketika terjadi tabrakan antar pemain atau jatuh di lapangan.

Baca Juga : Ronaldo Buka Lowongan Kerja Chef, Digaji Rp 85 Juta Per Bulan!