Tak Terdaftar Bansos? Simak Cara Ajukan Diri Jadi Penerima BLT BBM Rp 600.000

Program Bansos BLT BBM membuka pendaftaran lewat pengajuan diri jadi penerima Bantuan Sosial, simak link, dan cara daftar bansos BLT BBM Rp 600.000 !

Tak Terdaftar Bansos? Simak Cara Ajukan Diri Jadi Penerima BLT BBM Rp 600.000
Simak cara ajukan diri sebagai penerima bansos di BLT BBM. Gambar : Freepik

BaperaNews - Kabar baik terkait Bantuan sosial, Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan bila masyarakat dapat mengajukan sebagai penerima bantuan sosial (bansos) di BLT (Bantuan Langsung Tunia) BBM lewat program usul dan sanggah melalui aplikasi Cek Bansos.

Program pengajuan diri bansos BLT BBM ini merupakan solusi dari permasalahan berbagai masyarakat yang berhak mendapatkan Bansos namun tidak terdaftar. Begitupun juga terdapat masyarakat yang tidak berhak menerima namun terdaftar. Program BLT BBM ini dapat memberikan kesempatan masyarakat untuk mengajukan diri sebagai penerima BLT BBM.

Berikut Cara Ajukan Diri Sebagai Penerima BLT BBM melalui Aplikasi Cek Bansos:

1. Masyarakat bisa instal Aplikasi Cek Bansos. 

2. Setelah terinstall, klik menu "Daftar Usulan".

3. Lalu klik "Tambah Usulan".

4. Kemudian silahkan mengisi formulir sesuai data yang diminta, seperti data kependudukan calon penerima bantuan sosial.

5. Yang terakhir, pilih "Jenis Bantuan Sosial" apakah pengajuan tersebut termasuk bantuan BPNT atau PKH

Setelah mendaftar dan mengajukan diri sebagai penerima BLT BBM, nantinya pihak Kementerian yang bersangkutan akan memvalidasi data tersebut apakah berhak untuk menerima bansos.

"Masyarakat bisa mengusulkan sendiri, nanti dari pihak kita verifikasi, karena kalau tidak kita verifikasi nanti tidak sesuai juga" Ungkap Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Setelah mengajukan diri sebagai penerima BLT BBM, kita juga dapat mengkonfirmasi dikemudian hari apakah kita telah terdaftar sebagai penerima bansos di BLT BBM.

Baca Juga : Bantuan Subsidi Upah Rp 600 Ribu Akan Cair Bulan Ini, Berikut Cara Cek Penerima BSU!

Berikut Cara Cek Penerima BLT BBM :

1. Buka website https://cekbansos.kemensos.go.id.

2. Isi data kependudukan yakni KTP dan Informasi wilayah tempat tinggal.

3. Masukan kode captcha untuk melewati verifikasi.

4. Klik "Cari Data".

Nah bila anda terdaftar sebagai penerima BLT BBM, data diri anda akan muncul dan itu artinya anda berhak mendapatkan BLT BBM Rp 600.000.

Perlu diketahui, Bantuan Langsung Tunai tersebut merupakan bantuan yang diberikan untuk bulan September hingga Desember atau sebanyak 4 bulan. Namun penyalurannya akan diberikan dalam 2 tahap. Di bulan September dan Awal Desember dengan nominal per tahap yakni Rp 300.000.

"Bansos BLT BBM tersebut Kami berikan per September ini (tahap pertama) dan di awal Desember (Tahap Kedua) kami berikan yang kedua," katanya.

Baca Juga : Asik! Pekerja Bergaji Dibawah Rp 3,5 Juta Akan Dapat Bansos Rp 600 Ribu