Tak Sia-Sia, Krafton Raih Banyak Keuntungan Usai Gratiskan PUBG: Battlegrounds

Pada awal tahun 2022 pengembang game PUBG: Battlegrounds, Krafton memutuskan untuk menggratiskan gamenya kepada seluruh pengguna tak disangka kini pihaknya malah meraih banyak keuntungan!

Tak Sia-Sia, Krafton Raih Banyak Keuntungan Usai Gratiskan PUBG: Battlegrounds
Tak Sia-Sia, Krafton Raih Banyak Keuntungan Usai Gratiskan PUBG: Battlegrounds. Gambar: PUBG Mobile

BaperaNews - Pada awal tahun 2022 pengembang game PUBG: Battlegrounds, Krafton memutuskan untuk menggratiskan gamenya kepada seluruh pengguna. PUBG: Battlegrounds menjadi salah satu game free-to-play dengan opsi upgrade akun untuk mengakses fitur dan mode permainan eksklusif.

Tak disangka-sangka ternyata keputusan Krafton untuk menggratiskan game PUBG: Battlegrounds ini menjadi keputusan terbaik yang dilakukan oleh studi asal Korea Selatan tersebut. Pasalnya, PUBG: Battleground menghasilkan banyak keuntungan setelah Krafton menggratiskannya untuk seluruh pengguna.

Dengan kehadiran PUBG: Battlegrounds sebagai game free-to-play atau geratis pada platform PC maupun console tentu menjadi strategi anyar bagi Krafton itu sendiri untuk meningkatkan jumlah pemain dari game garapannya tersebut.

Berdasarkan laporan terbarunya, semenjak keputusan tersebut penjualanan PUBG: Battleground di PC dan konsol meningkat signifikan. Dilansir dari press rilis PUBG Studios, penjualan PUBG: Battlegrounds di PC naik sebesar 61% pada Q1 2022. PUBG: Battlegrounds di PC berhasil menyumbang pendapatan sebesar USD 82,3 juta kepada Krafton.

Di konsol, lonjakan penjualan PUBG: Battleground bahkan lebih besar dibandingkan dengan penjualan pada platform PC. Laporan mengungkapkan bahwa penjualan PUBG: Battlegrounds meningkat sebanyak 274% dibandingkan dengan Q1 2021. Meskipun demikian, Krafton tidak memberikan angka pasti terkait jumlah pendapatan dari penjualan PUBG: Battlegrounds konsol.

Baca Juga: Simak! 7 fitur Baru Dalam Update PUBG Mobile Versi 2.0

Selain itu, game PUBG: Battlegrounds juga mengalami peningkatan dari segi jumlah pengguna. Dengan dihitung rata-rata pengguna aktif bulanan PUBG: Battlegrounds meningkat hampir 3 kali dibandingkan dengan pengguna aktif bulanan pada Q4 2021.

Sebagai informasi, game PUBG: Battlegrounds merupakan salah satu game yang diluncurkan di Steam pada tahun 2017. Pada awalnya, game ini diluncurkan secara berbayar. Krafton pun membanderol harga game PUBG: Battleground di harga Rp 219.000.

Game bergenre Battle Royale ini memiliki keunggulan dalam segi grafis dan gameplay yang realistis dibandingkan dengan game sejenisnya. Sayangnya, kemunculan game Fortnite, Apex Legends, Valorant, dan game shooter free-to-play lainnya membuat PUBG: Battlegrounds semakin tak laku.

Kemudian, Krafton mengambil memutuskan untuk mengubah PUBG: Battlegrounds menjadi game free-to-play dan berhasil mendapat kesuksesannya kembali. Tentu hal ini menjadi strategi cukup bagus yang diterapkan oleh Krafton untuk menjaga gamenya tetap ramai di mainkan. Di karenakan saat ini ada banyak game battle royale yang tak kalah seru yang bisa dimainkan secara gratis.

Baca Juga: Timnas Free Fire Indonesia Berhasil Menduduki Puncak Klasemen Sementara SEA Games 2021 Vietnam