Tak Laku, Youtube Bakal Berhentikan Fitur Youtube Stories

YouTube akan menyuntik mati YouTube Stories mulai Juni 2023 mendatang. Simak selengkapnya!

Tak Laku, Youtube Bakal Berhentikan Fitur Youtube Stories
Tak Laku, Youtube Bakal Berhentikan Fitur Youtube Stories. Gambar : Dok. Istimewa

BaperaNews - YouTube akan menyuntik mati YouTube Stories mulai Juni 2023 mendatang, hal ini karena YouTube Stories dinyatakan kalah saing padahal umur fitur tersebut baru seumur jagung.

YouTube story ialah video singkat yang mirip dengan Instagram Story. Awalnya fitur dibuat untuk membuat pengguna lebih nyaman bagi yang ingin melihat video berdurasi lebih pendek dengan isi singkat dan jelas, pada kenyataannya fitur tersebut tidak terlalu menarik bagi pengguna.

YouTube Stories diluncurkan pada tahun 2019 untuk menyaingi hegemoni Instagram Stories, sebelumnya YouTube juga punya fitur YouTube Shorts untuk menyaingi TikTok. Sayangnya, kedua fitur YouTube Stories tidak laku di pasaran, kreator merasa tidak terlalu bagus untuk menarik pelanggan ataupun memanggil penonton.

YouTube mengungkap penutupan fitur YouTube Stories akan membuat pihak manajemen bisa lebih fokus kepada fitur lainnya, baru-baru ini YouTube sedang fokus untuk mengembangkan fitur video yang pendek seperti YouTube Shorts dan Community Post yang telah tersedia di semua kanal.

Community awalnya hanya disediakan di kanal yang memiliki minimal 1.000 pelanggan. YouTube Stories dihapus secara efektif dinonaktifkan muai 26 Juni 2023. Pengguna yang sudah terlanjur membuat stories akan tetap bisa aktif kontennya hingga 7 hari setelah tanggal penonaktifan meski tak bisa lagi membuat Stories baru mulai tanggal nonaktif. 

Baca Juga : Netflix Mulai Blokir Akun Sharing di AS, Indonesia Kapan?

“Sekarang ada banyak cara untuk membuat konten di YouTube, bisa di Community Post, short, sampai ke long form atau siaran langsung. Untuk memprioritaskan fitur kunci itu, Stories harus dihilangkan. Ketika Stories dihilangkan, kami bisa melihat Community Post dan YouTube Shorts menjadi alternatif hebat yang bisa memberikan koneksi dan percakapan berharga untuk penonton” bunyi pernyataan resmi YouTube.

“Mulai 26 Juni 2023 tidak ada lagi menu untuk membuat YouTube Story, bagi pengguna yang sudah terlanjur membuat Story dan telah tayang akan kadaluarsa pada 7 hari setelah pertama dibagi” tutup YouTube.

Story pengguna yang diunggah di tanggal tersebut masih bisa dilihat sampai 7 hari setelahnya, namun fitur YouTube Stories tetap dimatikan dan tidak bisa dipakai karena telah dinonaktifkan seluruhnya. Pengguna bisa fokus pada fitur lain untuk membuat kontennya dan menarik pelanggan.

Baca Juga : Google Akan Hapus Akun yang Tak Aktif