Street Race Ancol Hadirkan 8 Kelas Dalam Ajang Balap Dengan 350 Pembalap

Street race yang akan diadakan di Ancol menghadirkan 8 kelas dalam ajang balap dengan 350 pembalap. Berikut 8 kelas yang harus kalian ketahui!

Street Race Ancol Hadirkan 8 Kelas Dalam Ajang Balap Dengan 350 Pembalap
Lintasan street race di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022). Gambar : KOMPAS.com/Dok. MUHAMMAD NAUFAL

BaperaNews - Ajang balapan atau street race  legal yang dilaksanakan di Jalan Kali Inspeksi, Ancol, Jakarta Utara pada Minggu (16/1/2022) akan menghadirkan setidaknya 350 pebalap alias joki yang mengikuti kegiatan balapan ini. 

Ajang Balap atau street race ini difasilitasi oleh Polda Metro Jaya dan Ikatan Motor Indonesia untuk memfasilitasi hasrat membalap motor pada tempat khusus yang lebih aman ketimbang liar di jalan raya.

AKP Rudi Wiransyah dari Ditlantas Polda Metro Jaya yang sekaligus menjadi panitia street race menyampaikan bahwa acara ceremony akan dibuka oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran.

“Jadi nanti setelah acara seremonial ini, start dari balapan itu akan dimulai, dilepas, oleh Pak Kapolda," ucap Rudi saat ditemui, Minggu.

Setelah acara dibuka nantinya, ada dua pembalap yang akan mencoba jalur balap tersebut. Salah satunya ialah pembalap nasional, Mario Aji. Rudi menjelaskan bahwa kedua orang tersebut tidak berlomba dalam ajang street race, melainkan hanya mencoba lintasan yang ada.

Baca Juga : Polda Metro Kerahkan 500 Personel Amankan Street Race Ancol

"Pertama (balapan) simbolis oleh salah satu pembalap nasional kita, Mario Aji. Dengan salah satu komunitas akan trial dua langsung," tutur dia.

"Sistemnya nanti kita tidak cari yang tercepat, tapi coba lintasan, latihan bersama," sambung dia.

Usai dilakukan percobaan oleh Mario Aji, baru dilakukan ajang balap yang diikuti oleh 350 pembalap.

"Ada 350 (pebalap) yang sudah daftar. Semuanya kemungkinan akan hadir, sementara kita update, sudah (hadir) 200 peserta," sebutnya.

Rudy menjelaskan bahwa teknis dalam ajang balap kali ini nantinya para pembalap yang terbagi atas delapan kelas akan bertanding satu lawan satu atau head to head. Head to head yang dilakukan antar pembalap nantinya akan berasal dari kelas yang sama. Setelah satu kelas selesai melakukan balap maka dilanjut dengan kelas lainnya.

Delapan kelas yang tersedia dalam ajang ini ialah bebek 2 tak, bebek 4 tak, Sport 2 tak, Sport 4 tak, Matik 4 tak, Vespa 2 tak, FFA (Free for All), dan Sunmori (ban besar, lampu menyala).

"Kita gilir masing-masing kelas. Habis (selesai) satu kelas, kelas berikutnya, kelas berikutnya. Balapannya satu lawan satu, head to head," jelasnya.

Diketahui street race ini akan dimulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Warga pun diizinkan untuk menonton secara langsung balapan yang digelar tepat di pinggir kali Ancol dan seberang Jalan RE Martadinata tersebut. Untuk warga yang ingin menonton langsung diwajibkan untuk membeli tiket masuk Ancol terlebih dahulu.

Tiket untuk satu penonton sama dengan tiket pengunjung Pintu Gerbang Ancol, yakni Rp 25.000, belum termasuk kendaraan. Adapun harga tiket mobil yakni Rp 25.000, sedangkan harga tiket motor Rp 15.000.