Spotify Beberkan Alasan Hapus Lagu Bollywood Dari Daftarnya!

Spotify memberikan alasan menghapus ratusan lagu Bollywood dari daftar pemutarnya, hal ini menjadi polemik bagi penggemar lagu India atau lagu Bollywood.

Spotify Beberkan Alasan Hapus Lagu Bollywood Dari Daftarnya!
Spotify Beberkan Alasan Hapus Lagu Bollywood Dari Daftarnya. Gambar : Unsplash.com/Dok. Thibault Penin

BaperaNews - Penggemar lagu India atau lagu Bollywood kini belum bisa menikmati lagu favoritnya di Spotify. Bagi Anda penyuka jenis lagu ini mungkin akan merasa kecewa. Baru-baru ini Spotify menghapus ratusan lagu Bollywood dari daftar pemutarnya.

Pihak Spotify mengungkap alasan Spotify hapus lagu Bollywood karena tidak bisa mencapai kesepakatan dengan pemilik lagu, kesepakatan yang lama telah habis masa berlakunya. 

Lagu Bollywood populer misalnya Kala Chashma dari film Baar Baar Dekho, Koi Mil Gaya dari film Kuch-Kuch  Hota Hai, atau Malhari dari film romansa Bajirao Mastani dan lainnya kini tak bisa ditemukan di aplikasi ini.

Spotify hapus daftar lagu Bollywood ini diketahui usai Vishma Rai berbicara pada penggemar Bollywood, ia menyebut biasanya ia punya daftar putar lagu-lagu India namun lagu-lagu tersebut telah hilang. 

“Saya sangat kesal, gila ini. Sayang sekali, ini adalah lagu favorit saya dan itu amat mengecewakan. Saya tak tau sekarang harus mendengar lagu apa lagi ketika merasa ingin dicintai” tutur Rai. 

Baca Juga : Spotify Keluarkan Fitur Baru Untuk Karaoke, Simak Cara Menggunakanya!

Bagi Rai, musik Bollywood ialah bagian dari film, jiwa dari film, yang meningkatkan aksi di film dan akan hidup di ponselnya, lagu Bollywood menurutnya akan selalu diingat meski sudah bertahun-tahun dirilis. Jika filmnya tidak berhasil, lagunya pun masih akan terus diingat. 

“Sangat menjengkelkan karena daftar lagu Bollywood tak ada lagi di Spotify, biasanya lagu itu yang membuat saya bersemangat. Saya merindukan lagu Bollywood” pungkas Rai.

Sementara itu pihak Spotify menegaskan Spotify hapus lagu Bollywood terpaksa dilakukan karena masa lisensi dengan pemilik lagu yakni Zee Music Company telah habis serta tidak bisa muncul kesepakatan yang baru. 

Sebab itu dilakukan perhentian dari perjanjian dan berdampak pada penghapusan seluruh lagu Bollywood di Spotify.

“Spotify dan Zee Music gagal melanjutkan kesepakatan terkait lisensi. Spotify akan terus berusaha mencari kesepakatan agar pihak Zee Music bersama kami bisa temukan solusi untuk disepakati” ungkap pihak Spotify pada Selasa (21/3).

Sementara Chief Business Officer Zee Entertainment Anurag Bedi tidak bersedia memberi komentar. Adapun 14 Maret 2023 ialah hari terakhir musik Bollywood diputar di Spotify. Zee Music ialah label rekaman lagu India terbesar dengan pelanggan di kanal YouTube mencapai 93,6 juta dan sering muncul dengan lagu-lagu hitsnya. 

Baca Juga : Apple Luncurkan Aplikasi Streaming Musik Khusus Lagu Klasik