Sirkuit Mandalika Disebut Layak Jadi Lokasi Balap F1, Tim F1 Temui Gubernur NTB

Setelah berhasil terpilih menjadi tuan rumah World Wide Superbike, MotoGP, Gubernur NTB kini berupaya menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi yang layak untuk F1. Simak berita lengkapnya!

Sirkuit Mandalika Disebut Layak Jadi Lokasi Balap F1, Tim F1 Temui Gubernur NTB
Tim F1 Temui Gubernur NTB, Sirkuit Mandalika Disebut Layak Jadi Lokasi Balap F1. Gambar: Antara/ Andika Wahyu

BaperaNews - Setelah berhasil terpilih menjadi tuan rumah World Wide Superbike, MotoGP, Pemprov NTB kini berupaya menjadikan Sirkuit Mandalika sebagai lokasi yang layak untuk balap jet darat Formula 1 (F1). Rencana tersebut pun bukan sekedar rencana saja, namun sudah dilakukan diskusi dengan para pejabat F1.

Hari Senin 14 Februari 2022, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menerima kedatangan tamu penting yakni Gerwin Beran, pejabat promotor F1, mereka diskusi di ruang kerja Zulkie. “Bersama dengan Mr Gerwin dari tim F1, kami diskusi langkah lebih lanjut tentang rencana diadakannya F1 di Sirkuit Mandalika” ujar Zulkie di Mataram.

Gerwin, kata Zulkie sudah melihat secara langsung Sirkuit Mandalika dan mereka merasa terkesima dengan keindahan dan keamanannya. “Beliau amat terkesima dengan Sirkuit Mandalika, menurut beliau disini sangat pas dan juga memadai untuk dilakukannya ajang F1”lanjutnya.

Gubernur NTB Zulkie berharap, kerja keras NTB bersama pemerintah pusat dan pihak lainnya bisa berbuah manis, sehingga NTB bisa kembali menjadi tuan rumah untuk ajang bergengsi dunia seperti MotoGP yang akan diadakan di bulan Maret 2022.

Baca Juga: Juara Dunia MotoGP Dan 3 Pembalap Lainnya Keluhkan Hal Ini Di Sirkuit Mandalika

“Doakan saja agar diskusi selanjutnya dengan pihak F1 bisa berbuah manis dan sesuai dengan harapan semua pihak” tutup Gubernur NTB.

Balap F1 sendiri ialah balap kelas tertinggi mobil kursi tunggal yang sudah diatur oleh FIA (Federasi Otomotif Internasional), ajang ini milik Formula One Group yang diikuti oleh pembalap-pembalap berkelas dunia.

Jika Indonesia terpilih kembali jadi tuan rumah ajang internasional, tentu bisa menjadi kebanggaan dan kebahagiaan tersendiri tidak hanya untuk NTB tapi untuk nasional. Kehadiran berbagai ajang internasional di Indonesia bisa membawa dampak baik dalam segala hal seperti pariwisata, ekonomi, juga kuliner yang secara langsung akan ikut terpromosikan dan dikenal.

Sirkuit Mandalika saat ini sedang melakukan perbaikan dan evaluasi mengingat kemarin di tes pramusim MotoGP ada beberapa kendala yang dikeluhkan pembalap seperti lintasan yang kotor, banyak debu kerikil dan lumpur setelah hujan deras mengguyur.

Kini tim sedang berupaya keras agar hal tersebut tidak terjadi lagi di perlombaan utama nanti sebab akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keamanan pembalap yang berhubungan langsung dengan prestasinya, panitia berjanji akan melakukan yang terbaik lebih dari yang ada sebelumnya

Baca Juga: Usai Tes MotoGP Mandalika, Pembalap dan Kru Mulai Tinggalkan Sirkuit Mandalika Secara Bertahap