Singapura Menarik Kecap Dan Saus Sambal ABC, BPOM Pastikan Kedua Produk Aman Dikonsumsi

BPOM menjamin bahwa produk kecap manis dan saus sambal ABC sangat aman untuk dikonsumsi. Hal itu disampaikan usai Singapura menarik kedua produk tersebut dari negaranya.

Singapura Menarik Kecap Dan Saus Sambal ABC, BPOM Pastikan Kedua Produk Aman Dikonsumsi
BPOM pastikan bahan kecap dan saus sambal ABC aman dikonsumsi. Gambar : Shopee/Heinzabc

BaperaNews - BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) Indonesia menjamin kandungan bahan yang ada di produk kecap manis dan saus sambal ABC yang di produksi PT Heinz ABC Indonesia aman dikonsumsi dan tidak berbahaya.

Hal ini disampaikan usai kabar viral Singapura menghentikan peredaran kedua produk dari ABC tersebut di negaranya.

Deputi Pengawasan BPOM Rita Endang mentakaan sulfur dioksida dan asam benzoat yang ada di dalam kecap manis dan saus sambal ABC tersebut telah dimonitoring dan dinyatakan sebagai bahan pengawet makanan. Kandungan ini juga telah diijinkan untuk digunakan sesuai dengan Peraturan BPOM Nomor 11 Tahun 2019 tentang Bahan Tambahan Pangan.

Namun, Rita menekankan, kedua bahan yang ada di kecap manis dan saus sambal ABC tersebut aman-aman saja, tidak berbahaya jika kadar penggunaannya tepat.

“Iya tidak bahaya, tapi harus digunakan sesuai ketentuan penggunaan atau takaran yang dipersyaratkan” ujarnya.

Menurutnya, bahan tambahan pangan tersebut dijadikan sebagai pengawet dengan takaran sesuai ambang batas bawah sehingga BPOM memberi ijin edar produk kecap manis dan saus sambal ABC tersebut.

“Bahan tambahan pangan tersebut sebagai pengawet, memang ada di kecap manis dan saus sambal ABC tersebut, di bawah ambang batas yang disyaratkan, pada label komposisi juga dicantumkan dan terdapat info sulfit menyebabkan alergen” terangnya.

Baca Juga : Manfaat Natto Untuk Kesehatan Tubuh

Oleh karenanya, BPOM Indonesia tidak akan menarik kecap manis dan saus sambal ABC tersebut dari pasar Indonesia, beda dengan yang dilakukan Singapura.

“Jadi tidak akan ditarik, sudah sesuai regulasi, secara rutin BPOM melakukan pengujian dan sampling, di post market, baik terkait label dan komposisi produknya untuk memastikan produk aman, bermutu, dan mencantumkan nilai gizi” jelasnya.

Sebelumnya viral Singapura menarik produk kecap manis dan saus sambal ayam goreng merk ABC dari Indonesia.

Singapore Food Agency (SFA) menyebut kedua produk (kecap manis dan saus sambal ABC) tersebut mengandung sulfur dioksida dan asam benzoat yang menurutnya bisa memicu alergi atau bereaksi pada sistem kekebalan tubuh manusia.

“Alergen dalam makanan bisa mengakibatkan reaksi alergi pada individu yang sensitif pada kandungannya” ujar SFA pada (7/9) sambil mengumumkan penarikan produk.

SFA juga menyebut telah menguji kecap manis dan saus sambal ABC tersebut yang bertanggal kadaluarsa 24 Juni 2024 dan 6 Januari 2024.

Sementara manajemen PT Heinz ABC Indonesia menyatakan distributor Malaysia tidak resmi. Legal,Corporate, Regulatory Affairs PT Heinz ABC Indonesia Mira Buanawati mengatakan masuknya kecap manis dan saus sambal ABC ke Singapura ialah tindakan impor paralel yang tidak berkoordinasi dengan perusahaan pembuat produk.

Baca Juga : Rekomendasi Makanan Khas Yogyakarta Yang Wajib Kamu Kunjungi