Simak! Ini Daftar Gaji Fresh Graduate yang Melamar Bersama BUMN 2023

Dari tahun ke tahun, rekrutmen BUMN banyak ditunggu para fresh graduate sebab disebut diberikan gaji cukup besar. Yuk simak daftar gaji fresh graduate di BUMN.

Simak! Ini Daftar Gaji Fresh Graduate yang Melamar Bersama BUMN 2023
Daftar Gaji Fresh Graduate yang Melamar Bersama BUMN 2023. Gambar : Bisnis/Dok. Abdullah Azzam

BaperaNews - Rekrutmen bersama BUMN 2023 diumumkan telah mundur dari jadwal semula. Sebelumnya pendaftaran dibuka mulai 5 Mei 2023 dan resmi diundur menjadi 11 Mei 2023 dengan alasan agar para peserta bisa menyiapkan diri dan segala persyaratannya lebih baik lagi dan peserta siap 100%.

“Pembukaan dan pendaftaran online Rekrutmen bersama BUMN 2023 diundur menjadi 11 Mei 2023 dengan harapan bisa memberi ruang dan kesempatan pada talenta muda untuk mempersiapkan diri lebih optimal” bunyi pengumuman resmi dari FHCI (Forum Human Capital Indonesia) pada Jumat (5/5).

Proses rekrutmen bersama BUMN 2023 ini sendiri terdiri dari pendaftaran, seleksi, tes wawancara, hingga pengumuman. Jika peserta lolos administrasi, peserta akan melanjutkan rangkaian tes TKD, Bahasa Inggris, dan wawancara dengan instansi yang dilamar.

Dari tahun ke tahun, rekrutmen BUMN memang banyak ditunggu para fresh graduate sebab banyak yang percaya bekerja di instansi pemerintahan akan lebih menjanjikan dari sisi gaji maupun kontraknya.

Baca Juga : Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2023 Resmi Diundur Jadi 11 Mei

Lantas, berapa gaji fresh graduate BUMN yang bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN? Yuk simak rinciannya.

  1. PT Kereta Api Indonesia

Fresh graduate atau lulusan baru yang berhasil diterima bekerja di PT KAI akan mendapat gaji Rp 3-5 juta per bulan, belum termasuk tunjangan anak istri, tunjangan transportasi, dan bonus. Besaran gaji sesuai dengan jenis pekerjaannya.

Masinis misalnya gajinya mulai Rp 9 juta per bulan. Untuk manajer mencapai Rp 1-15 juta per bulan, sedangkan untuk posisi Pelayanan Pelanggan biasanya Rp 8-10 juta per bulan.

  1. PT Pertamina

Tidak jauh beda dengan PT KAI, lulusan baru yang bekerja di PT Pertamina bisa mendapat gaji Rp 4-7 juta per bulan. Level lebih tinggi seperti administrasi hingga engineer gajinya Rp 19-23 juta, Drilling Supervisor gajinya Rp 30-50 juta belum termasuk tunjangan dan bonus.

  1. PT Telkom

Gaji fresh graduate BUMN Telkom berkisar Rp 10 juta per bulan. Posisi lebih tinggi seperti Senior Manager berkisar Rp 30-40 juta per bulan, Product Manager mencapai Rp 80 juta per bulan. Sedangkan karyawan yang masuk di jalur Management Trainee gajinya Rp 7-8 juta per bulan.

  1. Perbankan

UBMN juga membuka lowongan kerja untuk penempatan di Bank milik pemerintah seperti BTN, Mandiri, BNI, dan BRI. Gaji fresh graduate BUMN di perbankan berkisar Rp 4-8 juta. Jalur Management Trainee juga hampir sama Rp 5-8 juta per bulan.

Baca Juga : Tahapan Rekrutmen Bersama BUMN Bakal Dibuka, Catat Jadwal Pentingnya!