Simak 5 Manfaat Ketika Kamu Jadi Anggota Paskibraka!

Aksi Paskibraka dalam mengibarkan Bendera Merah Putih selalu menuai banyak pujian. Berminat untuk jadi anggota Paskibra? Simak manfaat Paskibraka.

Simak 5 Manfaat Ketika Kamu Jadi Anggota Paskibraka!
5 Manfaat jadi anggota Paskibraka. Gambar : ANTARA FOTO/Biro Pers Media Setpres/Lukas/Handout

BaperaNews - Menjadi anggota pasukan pengibar bendera atau Paskibraka pada momen Kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) merupakan suatu kebanggan bagi sebagian orang. Aksi Paskibraka dalam mengibarkan Bendera Merah Putih selalu menuai banyak pujian.

Bahkan, kekompakkan yang Paskibraka tampilkan saat baris bebaris juga melalui proses yang panjang. Mulai dari karantina dalam jangka waktu tertentu hingga berbagai latihan yang dijalankan.

Nah, bagi kalian yang ingin menjadi anggota Paskibraka tidak perlu ragu. Karena banyak sekali manfaat yang didapat untuk diri sendiri ketika menjadi seorang anggota Paskibraka.

Apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Disiplin

Manfaat pertama yang diperoleh yakni sikap Disiplin. Disiplin menjadi salah satu ciri khas dari anggota Paskibraka bahkan saat mereka sudah tidak bertugas lagi.

Hal ini bisa terjadi lantaran pada semasa karantina anggota Paskibraka dilatih untuk disiplin dalam segala aktivitas. Karena terbiasa melakukan kegiatan secara disiplin maka dampak akan terbawa meskipun anggota Paskibraka sudah tidak bertugas lagi.

  1. Manajemen Waktu Yang Baik

Selanjutnya ada manajemen waktu yang baik. Pelatihan Paskibraka memiliki deretan jadwal yang cukup padat, baik itu di dalam maupun luar lapangan. Manajemen waktu yang baik bisa kamu dapatkan dengan menjadi seorang anggota Paskibraka.

Baca Juga : Peristiwa Penting Sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

  1. Belajar Bekerja Sama dengan Tim

Manfaat ketiga yaitu akan menambah skill dalam team work. Sebagai makhluk sosial, manusia tentu memerlukan bantuan orang lain. Nah, dengan menjadi anggota Paskibraka, kita akan belajar bekerja sama di dalam tim.

Kerja sama tersebut akan dilatih tiap kali anggota Paskibraka latihan baris-berbaris. Ketika satu orang salah, maka satu kelompok juga akan salah. Pada proses pelatihannya, Paskibraka harus memikirkan sesama anggotanya agar dapat bergerak seirama.

  1. Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

Seorang Paskibraka dengan rutinitas yang padat pasti rutin menyanyikan lagu Indonesia Raya, belajar tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta mengibarkan bendera merah putih. Aktivitas tersebut tentu akan membuat seorang Paskibraka semakin cinta terhadap bangsa dan negaranya.

  1. Menanamkan Rasa Syukur

Ketika masa karantina dan menjadi anggota Paskibraka, kamu akan lebih banyak bersyukur karena saat seseorang terpilih menjadi anggota Paskibraka, ia akan berhasil bersaing dengan ribuan calon Paskibraka lainnya untuk mengibarkan bendera merah putih pada HUT RI.

Baca Juga : Sejarah Dan Makna Bendera Merah Putih Indonesia