Shin Tae Yong Akui Indonesia Kurang Striker Yang Bisa Di Andalkan

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong mengakui bahwa saat ini Indonesia kekurangan pemain Striker atau ujung tombak yang bisa diandalkan.

Shin Tae Yong Akui Indonesia Kurang Striker Yang Bisa Di Andalkan
Shin Tae Yong mengakui timnas Indonesi akurang striker yang bisa diandalkan. Gambar : Bola.com/M Iqbal Ichsan

BaperaNews - Shin Tae Yong menjelaskan bila saat ini Indonesia kekurangan pemain Striker atau ujung tombak, ia menyesali saat ini klub di Indonesia terus menggunakan Striker Asing sehingga kekurangan kesempatan membentuk pemain lokal untuk menjadi Striker.

“Memang permasalahan yang paling besar di Liga Indonesia itu Stopper (Ujung Tombak) dan Striker yang selalu diisi oleh pemain-pemain asing” Ungkap Shin Tae Yong kala berbincang di kanal Youtube Sport77 Official.

Pelatih Timnas Indonesia ini juga menyebut bila pembinaan usia dini begitu penting membentuk penyerang yang baik "Dan dari pembinaan usia dini juga harus bisa membuat penyerang yang baik tetapi sampai saat ini tidak bisa dibuatnya” Ungkap Shin Tae Yong dengan nada kecewa.

Ia menyesalkan kurangnya striker yang dibentuk dari lingkup utama yakni klub, ia juga menyampaikan bila Striker yang baik perlu dibentuk dari klub mereka di liga.

“Untuk kedepannya harus liga yang membuat striker yang baik agar di Timnas banyak striker yang bisa membuat gol banyak” Ujar Shin Tae Yong.

Shin Tae Yong Tak Ambil Pusing Soal Kurangnya Striker

Namun meski demikian, Shin Tae Yong tak ambil pusing akan hal itu. Lantaran ternyata Shin Tae Yong memang memilih membangun tim tanpa striker utama.

“Tetapi strategi yang saya inginkan itu memang tanpa penyerang utama” Ujar Shin Tae-Yong dalam podcast Sport77 Official yang ditayangkan pada Senin (18/7).

Ia memilih untuk bermain tanpa penyerang, karena ia begitu menyadari bila pemain depan harus lebih banyak bergerak dibandingkan pemain bertahan lawan. Ia percaya hal ini baik untuk memenangkan pertandingan. Terlebih ia juga lebih memilih pemain yang mau banyak berkorban dengan tim meski kurang kemampuan.

Baca Juga : Shin Tae Yong Akui Mental Timnas U-20 Lebih Baik Dari Timnas Senior

Maka dari itu sampai saat ini ia mengakui bila tak ada satu pun penyerang yang selalu ia mainkan "sampai saat ini pun tidak ada penyerang yang tetap dimainkan” Ungkapnya.

Shin Tae Yong Menyukai Gaya Permainan Tanpa Striker Murni

Shin Tae Yong mengakui dirinya merupakan pelatih yang menyukai gaya tanpa Striker, hal ini berarti STY tak begitu mempersoalkan kurangnya lini depan timnas Indonesia yang bisa diandalkan.

“Jadi saya juga sebenernya salah satu pelatih yang suka dengan gaya tanpa striker ini” Jelas Shin Tae Yong.

Seperti diketahui, saat ini Shin Tae Yong memang memiliki gaya permainan pressing ketat dengan perputaran pemain di lini depan yang terus bergerak untuk membantu lini tengah. Ia memang percaya bila pemain harus lebih capek daripada lawan bila ingin menang.

“Mindset saya adalah kita harus lebih capek daripada lawan, baru kita bisa menang. Itulah sepakbola” Ungkap Shin Tae yong sambil tersenyum tipis.