Set Top Box Gratis TV Digital Dibagikan 15 Maret 2022, Catat Mekanismenya

Kominfo (Kementerian Komunikasi & Informatika) akan memberikan set top box TV digital secara gratis pada tanggal 15 Maret 2022 nanti. Catat Mekanismenya!

Set Top Box Gratis TV Digital Dibagikan 15 Maret 2022, Catat Mekanismenya
Set Box TV Digital. Gambar : Antara

BaperaNews - Kominfo (Kementerian Komunikasi & Informatika) menjelaskan sistem distribusi Set Top Box (STB) TV digital gratis kepada rumah tangga miskin atau golongan masyarakat tidak mampu. Set Top Box (STB) ini merupakan perangkat tambahan yang sangat diperlukan untuk TV analog dalam menerima jaringan siaran TV digital dimana mulai April 2022 nanti pemerintah akan memutuskan jaringan TV Analog di seluruh Indonesia secara bertahap, semua warga Indonesia harus siap beralih ke TV digital.

Mekanisme penyaluran Set Top Box (STB) gratis dari penyelenggara multipleksing yang bekerjasama dengan pemerintah sebelumnya sudah pernah dibahas pada acara Rapat Dengar Pendapat Panitia Digitalisasi Penyiaran Komisi 1 DPR bersama Dirjen Kominfo PPI pada Rabu 26 Januari 2022.

Plt Dirjen Kominfo PPI, Ismail menyatakan rencana instalasi dan distribusi Set Top Box (STB) TV digital gratis mulai dilakukan 15 Maret – 30 April 2022 yakni pada Tahap 1, distribusi akan dilakukan secara door to door atau langsung ke warga yang dianggap membutuhkan satu persatu dari rumah ke rumah penerima bantuan, di saat yang sama akan didata dan diverifikasi.

“Kami rencanakan Set Top Box (STB) ini langsung dibawa untuk divalidasi, kalau divalidasi dulu lalu baru dibawa itu biayanya bisa dua kali” ujarnya.

Cara distribusi Set Top Box (STB) TV digital gratis sebagaimana yang dijelaskan Ismail adalah dengan langkah berikut :

  1.   Pengiriman lokasi di Kota/ Kabupaten. Masuk ke gudang/ pos/ logistic penyelenggara di 341 Kota/ Kabupaten.
  2.   Pengiriman dari pintu ke pintu rumah tangga miskin sebagai para penerima bantuan.
  3. Petugas memverifikasi dan validasi penerima bantuan tersebut berdasarkan data KK dan KTP serta status kepemilikan TV di rumah, jika tidak sesuai, maka STB gratis ini akan dikembalikan ke gudang.
  4.   Petugas menjalankan serah terima STB gratis dan diinstal di perangkat, juga dipastikan bisa berfungsi serta beroperasi dengan lancar.
  5.   Petugas memindai QR Code dari WA layar TV yang sudah diinstal petugas dengan STB, lalu dimasukkan data KK, KTP, alamat, dan foto wajah warga yang menerima bantuan tersebut.
  6.   Petugas membuat berita acara serah terima.

Pemerintah memang dipastikan akan mengganti TV analog dengan TV digital yang lebih modern dan canggih, peralihan ini akan membawa banyak manfaat untuk masyarakat diantaranya suara dan gambar lebih bersih jernih, saluran dan fitur lebih banyak, dan pastinya juga tetap gratis, tidak perlu bayar biaya internet atau lainnya.

Baca Juga : Catat, Mulai April 2022 Siaran Televisi Dimatikan