Selandia Baru Dan Australia Beri Peringatan Dan Batasan Ke Indonesia

Selandia Baru dan Australia tiba-tiba beri peringatan dan pengetatan pembatasan kepada Indonesia. Ini alasannya!

Selandia Baru Dan Australia Beri Peringatan Dan Batasan Ke Indonesia
Selandia Baru dan Australia beri peringatan dan batasan kepada Indonesia. Gambar : Unsplash.com/Dok. Phil Mosley

BaperaNews - Selandia Baru dan Australia tiba-tiba beri peringatan kepada Indonesia, terkait dengan wabah penyakit kuku dan mulut (PMK).

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengatakan PMK bisa berpengaruh pada 100.000 pekerja pertanian di negaranya, karenanya Wellington kini meningkatkan pengetatan pembatasan dengan Australia sehubungan dengan tindakan biosekuriti untuk mencegah penularan PMK.

“Meski bukan ancaman bagi manusia, itu akan menghancurkan komunitas nasional kita, pada dasarnya semua hewan yang berkuku terbelah beresiko” ujar Jacinda Ardern pada Senin (25/7).

“Kami ingin pastikan bahwa kami punya semua aturan untuk melindungi diri dari ancaman yang muncul ini” tambahnya sambil menyebut bahwa Selandia Baru tak pernah mengalami wabah PMK seperti ini sebelumnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Keamanan Hayati Selandia Baru, Damien O Connor. Ia mengatakan perlu untuk waspada sebab penyakit PMK tersebut bisa mempengaruhi 77% satwa liar Selandia Baru termasuk domba, babi, dan rusa liar.

Damien O Connor memberi tau pada kasus hancurnya pertanian Inggris tahun 2001, ketika PMK menyerang jutaan sapid dan domba di Negara tersebut dan terpaksa disembelih.

Baca Juga : Kabar Baik, AS Dan Rusia Damai dan Lakukan Misi Ini Bersama

Selandia Baru sebenarnya tidak memiliki penerbangan langsung dengan Indonesia, namun wabah PMK diperkirakan bisa masuk melalui turis Australia yang baru datang dari Asia Tenggara. Sedangkan turis dari Indonesia tidak diijinkan untuk membawa daging ke Selandia Baru. Bagasi akan disaring dan disinfektan saat di Bandara.

“Pemerintah kerjasama dengan pihak berwenang Australia untuk mengurangi resiko lanjutan terkait wabah PMK” imbuhnya.

Sementara itu, pemerintah Australia juga melakukan hal sama, barang bawaan dari turis Indonesia diperiksa di bagasi Bandara, termasuk alas kaki.

Canbera, Australia juga akan menutup perbatasan dengan Indonesia secara sepenuhnya dan tindakan lebih lanjut bisa saja diambil.

PMK sendiri ialah penyakit virus yang menyerang hewan ternak dan sangat menular. Di Indonesia, saat ini terjadi 427.060 kasus dan 3.7894 diantaranya mati. Meski hanya menyerang hewan dan tidak menular kepada manusia, tetap saja PMK sangat mengkhawatirkan, sebab bisa melumpuhkan komoditas ternak dan pertanian di suatu Negara.

Sebab itu, Australia dan Selandia Baru melakukan segala upaya agar virus PMK tersebut tidak masuk ke negaranya.

Indonesia sendiri juga telah melakukan segala upaya untuk pencegahan dan pengobatan PMK yakni dengan vaksinasi dan mendata kondisi ternak di semua daerah Indonesia.

Baca Juga : Apakah Virus PMK Dapat Menular ke Manusia? Simak Penjelasan Berikut Ini