Sebut Jokowi Mirip Firaun, Cak Nun: Saya Kesambet, Itu di luar Rencana

Budayawan Emha Ainun Najib atau biasa dikenal Cak Nun menyebut dirinya kesambet ketika menyebut Jokowi mirip Firaun dan Menko Luhut mirip Haman dalam ceramahnya.

Sebut Jokowi Mirip Firaun, Cak Nun: Saya Kesambet, Itu di luar Rencana
Cak Nun sebut Jokowi mirip Firaun. Gambar : suaranasional.com

BaperaNews - Budayawan Emha Ainun Najib atau biasa dikenal Cak Nun mengaku dirinya sedang kesambet ketika menyebut Jokowi seperti Firaun dalam ceramahnya baru-baru ini di Mocopat Syafaat dan Tawasul di Kasihan, Bantul, Yogyakarta pada Selasa malam (17/1).

Kejadian Cak Nun sebut Jokowi mirip Firaun berawal ketika dirinya sedang membahas tentang roh dan hubungannya dengan kesadaran tiap manusia.

“Kita harus pahami bahwa hidup kita nomor satu adalah ruh, maka mulai tahun 2023 kita aktivasi ruh itu, dan di puncak aktivasi ruh itulah saya sendiri sedang diberi ujian oleh Allah” tutur Cak Nun.

“Jadi saat sedang indah-indahnya Maiyah, ketika puncak-puncaknya hidayah Allah ke Maiyah itu, itu saya sendiri terkecoh, artinya, saya dikasih ujian luar biasa oleh Allah, diam-diam aku bicara hai Firaun coba, dan saat itu saya kesambet” imbuhnya.

Cak Nun mengaku sama sekali tidak punya rencana membahas soal Firuan, Haman, ataupun Qorun di ceramahnya, namun semua tiba-tiba keluar tanpa bisa ia kendalikan.

“Itu semua diluar rencana saya dan saya tidak bisa mengontrol, makanya saya tadi bikin video bersama Sabrang, judulnya Mbah Nun kesambet, mohon dibaca” terangnya.

Baca Juga : Kelompok Pemuja Setan Bakal Gelar Pertemuan Besar April 2023

Ia mengaku tidak tahu apa yang merasuk ke tubuhnya saat itu, bisa saja iblis atau malaikat, dalam pandangan Maiyah, ada lima hal yang bisa membuatnya demikian, yaitu hidayah, thariqun, amr, idlal, dan istidraj.

“Itu belum tahu apa saya disesatkan iblis, apa saya disuruh oleh dajjal atau siapa saya belum tahu, nanti kita lihat yang terjadi kedepannya apa” pungkasnya.

Sebelumnya viral Cak Nun sebut Jokowi mirip Firaun dan Menko Marives Luhut Binsar mirip Haman, ia juga membahas soal Pemilu 2024.

“Hasil Pemilu mencerminkan tingkat kedewasaan rakyatnya, betul tidak? algoritma Pemilu 2024, kan enggak mungkin menang. Karena Indonesia dikuasai Firaun namanya Jokowi dan Worum namanya Anthony Salim dan 10 naga dan juga Haman yang namanya Luhut” bunyi ucapan Cak Nun ketika ceramah.

Pada ceramah tersebut, Cak Nun menyebut Indonesia dikuasai oleh Firaun, Haman, dan Qorun. “Negara kita secara sempurna dikuasai oleh Firaun, Haman, Qorun, itu semua sistemnya, perangkatnya, semua alat politiknya, juga uangnya, otoritas nya, sampai apapun” katanya.

Sontak ia pun mendapat amukan dari warganet, Cak Nun tidak marah, ia menerima segala amukan yang dialamatkan padanya.

“Saya tidak marah pada siapapun, saya diamuk sebegitu banyaknya orang seIndonesia, sedunia. Itu memang di luar kontrol saya. Saya siap menghadapi segala sesuatunya” pungkas Cak Nun.

Baca Juga : Ridwan Kamil Buka Suara Soal Video Emak-Emak Joget di Masjid Al Jabbar