Rusia Serang Kembali Kyiv Jelang KTT G7

Jelang KTT G7, Rusia mengirimkan pasukan untuk menyerang kembali ibu kota Ukraina, Kyiv pada Minggu pagi 26 Juni 2022 hal ini membuat Negara barat geram.

Rusia Serang Kembali Kyiv Jelang KTT G7
Jelang KTT G7, Rusia serang kembali perkotaan Kyiv. Gambar : Reuters.com/Valentyn Ogirenko

BaperaNews - Pasukan Rusia kembali menyerang ibu kota Ukraina, Kyiv pada Minggu pagi 26 Juni 2022, serangan diluncurkan jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Jerman yang akan didatangi sejumlah pemimpin Negara termasuk Presiden Indonesia Jokowi.

Walikota Kyiv, Vitali Klitschko mengatakan serangan terjadi di Kyiv dalam tiga minggu terakhir untuk mengintimidasi Ukraina jelang KTT NATO. “Beberapa penduduk sudah dievakuasi, dua orang yang luka dirawat di rumah sakit” ujarnya.

Sejumlah tempat umum di Kyiv seperti taman kanak-kanak dan apartemen diserang kembali oleh Rusia, setidaknya ada empat ledakan. Satu orang dilaporkan meninggal dunia dan enam lainnya luka, saksi mengatakan ledakan terdengar di sisi lain Kyiv ketika serangan udara terjadi disertai rudal susulan.

Jubir Angkatan Udara Ukraina menjelaskan setidaknya ada 6 rudal jarak jauh dipakai rusia yang ditembakkan 1.000 km dari Astrakhan, Rusia. Rudal Rusia juga menyerang kota Cherkasy dimana sebelumnya kota tersebut belum pernah diserang namun kini turut jadi target penyerangan. Hal ini pun membuat Negara barat geram, Rusia terus melebarkan serangannya di tengah persiapan Ukraina untuk mengikuti KTT G7.

“Itu lebih ke barbarisme mereka” komentar Presiden Amerika Serikat, Joe Biden setelah mengetahui kabar Rusia kembali menyerang Kyiv jelang KTT G7.

Baca Juga : Joe Biden Akhirnya Sahkan UU Kontrol Senjata Api!

Menlu Ukraina, Dmytro Kuleba mengatakan seharusnya Negara anggota G7 lebih merespon serangan terbaru Rusia ini dengan memberi sanksi baru untuk Rusia dan menyediakan senjata baru untuk Ukraina.

Konflik Rusia dan Ukraina jadi perang terbesar sejak Perang Dunia II selesai, dukungan barat ke Ukraina bahkan mulai melemah karena mereka sendiri juga berada dalam posisi ekonomi yang sulit mengingat mereka kehilangan pasokan gas alam dan minyak bumi yang sebelumnya diimpor dari Rusia.

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan kota yang jauh dari pusat seperti kota Lviv yang berbatasan dengan Polandia juga diserang Rusia pada hari Sabtu 25 Juni 2022.

Diketahui pertemuan G7 dilaksanakan di Gunung Alpen Bavaria, sejumlah Negara barat akan mempertimbangkan sanksi yang sudah dijatuhkan ke Rusia selama ini dalam acara tersebut dan juga mempertimbangkan kemungkinan untuk memberi bantuan baru kepada Kyiv berupa rekonstruksi jangka panjang.