Riset: Perempuan Makan Lebih Banyak Ketika Bersama Teman

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian menyebut bahwa perempuan makan lebih banyak ketika bersama teman. Simak fakta lengkapnya disini!

Riset: Perempuan Makan Lebih Banyak Ketika Bersama Teman
Riset: Perempuan Lebih Banyak Makan Jika Bareng Teman. Gambar : Unsplash.com/Dok. Alex Haney

BaperaNews - Seringkali perempuan melakukan segala aktivitas dengan teman, mulai dari nonton film, mengerjakan tugas, makan, bahkan pergi ke toilet. Sebagian perempuan merasa lebih nyaman melakukan aktivitas bersama teman atau orang terdekatnya, merasa kurang nyaman jika harus melakukan segala sesuatu atau bepergian sendirian.

Namun, ternyata ada fakta mengejutkan yang perlu dicatat sebelum makan bersama teman atau geng Anda, pasalnya, dari hasil penelitian, perempuan makan lebih banyak ketika bersama teman dibanding ketika makan sendirian.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Appetitie, menunjukkan bahwa seorang perempuan makan lebih banyak ketika bersama teman. Ketika perempuan makan dengan teman, jumlah kalori yang masuk ternyata lebih besar, yaitu 150 kalori per sekali makan. Penelitian dilakukan kepada 26 perempuan, menghabiskan waktu 3 hari makan bersama temannya.

Sedangkan 3 perempuan lain makan sendiri, tanpa pendamping. Hasilnya, rata-rata ketika perempuan makan bersama temannya mengkonsumsi 540 kalori tambahan selama penelitian tersebut dilakukan.

Penelitian dilakukan kembali pada 63 perempuan, menunjukkan hasil yang sama, ketika perempuan makan bersama temannya menunjukkan ia makan berlebihan, dan bisa jadi kebiasaan yang terus menerus di kemudian hari.

Baca Juga : Ilmuwan Amerika : Pria Makan Banyak Jika Ditemani Wanita Yang Disuka

Sayangnya, makan berlebihan tersebut akhirnya beresiko kenaikan berat badan hingga 4 kg per tahun, jumlah kenaikan berat badan tersebut didapat ketika perempuan makan bersama temannya setidaknya sekali dalam sehari.

Ketika bersama temannya, perempuan tidak sadar telah makan banyak karena perhatian mereka teralihkan pada percakapan yang dilakukan.

Dan apakah hal ini juga berlaku para pria? Profesor Suzanne Higgs dari University of Birmingham menyampaikan ia berharap ada efek yang sama pada pria, namun penelitian tersebut tidak bermaksud melarang seseorang makan dengan temannya.

“Penelitian ini tidak untuk melarang makan bersama teman atau menghimbau untuk makan sendirian, namun, lebih baik buat perencanaan menu terlebih dahulu yang lebih sehat, agar tidak terlalu bermasalah ketika makan berlebihan” tuturnya.

“Atau Anda bisa coba untuk makan dengan porsi kecil sebelum dan setelah makan bersama dengan teman-teman, untuk mengurangi kalori tambahan yang akan masuk ke tubuh” pungkasnya. Penelitian ini baru dilaksanakan pada perempuan, belum diketahui apakah menimbulkan efek yang sama bagi pria.

Memang berkumpul bersama teman dan makan bersama adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan ya? Karena itulah perempuan biasanya lebih bahagia, lebih banyak mengobrol, dan akhirnya lebih banyak makan. Tidak masalah kok, kita tetap bisa mengontrol jumlah kalori yang masuk dengan memilih menu makan yang sehat!

Baca Juga : Kenapa Badan Manusia Bisa Bau? Simak Penyebab Bau Badan Hingga Cara Mencegahnya!