Respon PSSI Terkait Isu Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17

Erick Thohir, Ketua Umum PSSI merespon adanya kabar mengenai Indonesia dijadikan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Simak penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini.

Respon PSSI Terkait Isu Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17
Respon PSSI Terkait Isu Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17. Gambar : Dok. FIFA

BaperaNews - Ketum PSSI Erick Thohir merespon adanya isu Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Sebelumnya Peru ditetapkan sebagai tuan rumah, namun dibatalkan karena Peru belum bisa memenuhi kelengkapan infrastruktur dan perlengkapan lain yang dipersyaratkan sesuai standar FIFA.

Erick menegaskan belum ada komunikasi dari FIFA terkait Indonesia jadi tuan rumah piala dunia tersebut, belum ada pembicaraan Indonesia akan gantikan posisi Peru sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023. Meski demikian, jadwal sepakbola Indonesia di tahun 2023 ini sudah sangat padat.

“Kami belum ada pembicaraan dengan FIFA. Yang pasti kalender Timnas Indonesia tahun 2023 ini berat sekali. Kita jadi tuan rumah AFC U-23, kemudian ada AFF U-23 di Thailand. Lalu ada Asian Games, ada kualifikasi untuk Piala Dunia 2026” terang Erick pada Selasa (30/5) di Jakarta.

Agenda padat ini dipastikan akan menguras energi para pemain, Erick juga ingin memastikan skuad Garuda punya waktu istirahat cukup dan tidak diforsir untuk ikut beragam kompetisi agar mencegah resiko cedera.

“Saya akan duduk lagi dengan pihak badan tim nasional agar pemain jangan sampai dipaksa main terus, nanti mereka bisa bosan dan cedera. Jadi saya belum ada komunikasi ya, saya tidak mau menjawab sebelum ada hitam di atas putih” imbuhnya. 

Baca Juga : Erick Thohir : PSSI Bakal Bentuk Lembaga Bantu Pemain

“Jangan biasakan janji yang tidak bisa diberikan akhirnya kepercayaan publik pada PSSI rendah karena banyak janji. Saya bukan tipe pemimpin banyak janji tapi saya serius siapkan aspek sepakbola kita bersih dan berprestasi sehingga ada tradisi yang baik. Kadang ada target kompetisi, ya kita cari pengalaman saja, ini dengan strategi, bukan karena tidak mampu” pungkas Erick.

Sebelumnya Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 karena banyaknya penolakan atas kedatangan Timnas Israel yang jadi salah satu pesertanya.

FIFA kemudian memutuskan membatalkan status tuan rumah Indonesia, diduga FIFA khawatir kehadiran Israel akan berpengaruh pada kelancaran laga Piala Dunia, tentu FIFA tidak ingin ada kericuhan terjadi akibat ajang ini.

Di sisi lain, tuan rumah untuk Piala Dunia U-17 2023 belum ditentukan selepas Peru dibatalkan statusnya sebagai tuan rumah.

Belum ada informasi resmi dari FIFA maupun PSSI terkait Indonesia jadi tuan rumah piala dunia. 

Baca Juga : Sudah Rilis, Ini Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF U-23 2023!