Resmi! Pohon Hayat Jadi Logo IKN Melambangkan Sumber Kehidupan

Logo Pohon Hayat terpilih sebagai identitas resmi Ibu kota negara baru Nusantara (IKN) setelah melalui proses sayembara dan voting. Temukan makna dan simbolisme di balik logo IKN Nusantara di sini!

Resmi! Pohon Hayat Jadi Logo IKN Melambangkan Sumber Kehidupan
Resmi! Pohon Hayat Jadi Logo Ikn Melambangkan Sumber Kehidupan. Gambar : Humas Setkab/Agung

BaperaNews - Presiden RI Jokowi mengumumkan logo resmi untuk Ibu kota negara baru Nusantara (IKN) pada hari Selasa (30/5). Pohon hayat karya desainer Aulia Akbar terpilih jadi logo IKN Nusantara setelah melalui proses sayembara dan voting yang melibatkan masyarakat Indonesia.

“Logo yang terpilih bertema Pohon hayat yang didesain oleh mas Aulia Akbar” tutur Jokowi di Istana Negara.

Ia menyebut logo bertema pohon hayat melambangkan sumber dari kehidupan, sesuai dengan IKN yang akan jadi sumber bagi kehidupan masyarakat Indonesia dan jadi pusat pemerintahan ke depannya.

“Ini pohon hayat, pohon kehidupan, kita semua berharap logo ini bisa memberi inspirasi untuk IKN agar bisa ciptakan tempat kehidupan yang baru untuk kita semua yang jadi sumber kehidupan untuk masyarakat Indonesia nantinya” imbuhnya.

Jokowi berharap adanya logo ini bisa memperkuat langkah dan ikhtiar untuk mempercepat pembangunan IKN Nusantara. Jokowi membandingkan IKN Nusantara dengan kota lain di dunia, menurutnya Indonesia siap menjadi negara besar dengan ibu kota yang baru.

“Ada New York, Washington DC, Sydney, Canberra, disini ada Jakarta dan Nusantara. Indonesia akan jadi negara besar, bangsa besar” tegasnya. 

Baca Juga : Investor IKN Sepi, Apa Penyebabnya?

Sebelumnya pemerintah telah menggelar sayembara untuk masyarakat bisa ikut serta memilih logo IKN Nusantara. Ada 500 desainer terlibat, diantara 500 karya tersebut hasilnya ada 5 karya terbaik  yang diumumkan dan telah dipilih masyarakat hingga kini logo pohon hayat buatan Aulia Akbar terpilih jadi logo IKN Nusantara.

Pohon hayat turut dipresentasikan dalam pengumuman tersebut, berupa pohon yang memiliki 3 bagian. Bagian bawah ada 5 akar pohon yang bermakna 5 sila pancasila. Bagian tengah ada 7 batang yang melambangkan 7 pulau besar Indonesia. Dan bagian atas ada 17 kembang yang merupakan simbol tanggal kemerdekaan Indonesia. Logo pohon hayat juga menggambarkan di atas keberagaman ada persatuan sebagaimana Indonesia yang terdiri dari ragam suku bahasa dan agama namun harus tetap bisa bersatu sebagai warga Indonesia.

Semoga dengan terpilihnya logo IKN Nusantara ini bisa makin mempercepat pembangunan IKN Nusantara sesuai target dan IKN Nusantara kelak bisa jadi ibu kota Indonesia yang maju, berorientasi pada lingkungan, dan jadi sumber kehidupan ya!

Baca Juga : Jokowi Prediksi IKN Selesai Dalam 10-15 Tahun