Resmi! Erick Thohir Calonkan Diri Jadi Ketum PSSI

Menteri BUMN, Erick Thohir telah menyerahkan segala berkas ke kantor PSSI, pada Minggu (15/1) untuk mendaftarkan diri menjadi Ketua Umum PSSI.

Resmi! Erick Thohir Calonkan Diri Jadi Ketum PSSI
Erick Thohir calonkan diri jadi Ketua Umum PSSI. Gambar : Setkab

BaperaNews - Menteri BUMN Erick Thohir resmi mendaftarkan diri sebagai Ketua Umum PSSI. Erick Thohir akan menyerahkan segala berkas terkait pencalonan diri tersebut pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang dilaksanakan pada 16 Februari 2023 mendatang.

Erick Thohir tiba di kantor PSSI GBK Arena, Jakarta pada Minggu (15/1) pukul 10.45 WIB, didampingi oleh Direktur Persis Solo Kaesang Pangarep, perwakilan Persib Bandung Teddy Tjahjono, hingga Chairman Rans Nusantara FC Raffi Ahmad.

Kepada media yang datang, Erick Thohir menyampaikan terima kasih kepada para pemberi suara, ia menyebut sebenarnya butuh nyali untuk bisa membuat sepakbola Indonesia bersih dan berprestasi.

“Sudah banyak teori dan perbaikan di sepakbola Indonesia, betul tidak? ada banyak teori, banyak konsep, sebenarnya yang perlu kita lakukan ialah nyali untuk sepakbola yang berprestasi dan bersih, itu paling penting” tuturnya.

“Karena itu saya sampaikan terima kasih untuk voters, ada Pak Teddy, Rans Nusantara, Atta Halilintar, ada mas Baim, saya ucapkan terima kasih” imbuhnya.

Erick Thohir ialah orang kedua yang mendaftar sebagai calon Ketua Umum PSSI, sebelumnya, Ketua DPD La Nyalla sudah lebih dulu mendaftar dan menyerahkan berkas ke PSSI pada Jumat (13/1).

Erick Thohir sendiri pernah jadi Ketum PP Perbasi tahun 2006-2010, menjadi Ketua Komite Olimpiade tahun 2015-2019, dan pemimpin panitia ketika Indonesia jadi tuan rumah Asian Games 2018.

Baca Juga : Penyebab Liga 2 dan Liga 3 2022/2023 Dihentikan PSSI

Di dunia olahraga, Erick Thohir pernah menanam saham di klub NBA Philadelphia 76ers, DC United, dan MLS. Ia juga lebarkan sayap membeli saham klub sepakbola besar asal Italia Inter Milan pada tahun 2013 meski kemudian saham tersebut dijual pada tahun 2018.

Erick Thohir hingga kini masih punya saham di klub Inggris Oxford United bersama dengan Anindya Bakrie dan di Persis Solo. Dan kini Erick Thohir mengaku terpanggil untuk mendaftar sebagai Ketum PSSI karena ingin merubah kondisi sepakbola Indonesia.

“Saya terpanggil untuk merubah keadaan, yang bengkok jadi lurus, yang dibutuhkan PSSI untuk bisa maju hari ini ialah menerobos keterbatasan, berani ciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan industri sepakbola Indonesia. Hari ini saya maju, PSSI hanya butuh satu hal, yaitu nyali” tegasnya.

Ada sejumlah masalah pada sepakbola Indonesia menurut Erick Thohir, yaitu pemain muda tidak dibina dengan baik, pengelolaan liga yang berantakan, fairplay di kompetisi, dan sejumlah tindakan tidak profesional.

“Mencari 11 orang diantara 270 juta rakyat Indonesia untuk membuat tim yang kompetitif tidak sulit, kita benahi, liga yang kuat akan hasilkan tim yang kuat, sekarang saatnya sepakbola kita naik kelas” pungkasnya.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia Tahun 2023: Piala Asia Hingga Piala Dunia U-20