Rayakan Hari Batik Nasional 2022, Iriana Jokowi Ajak 3.000 Wanita Berkebaya

Peringati Hari Batik Nasional 2022, Iriana Jokowi dan ribuan wanita akan berkebaya untuk memecahkan rekor MURI sekaligus mendukung Kebaya Goes to UNESCO. 

Rayakan Hari Batik Nasional 2022, Iriana Jokowi Ajak 3.000 Wanita Berkebaya
Rayakan hari Batik Nasional 2022 bersama Iriana Jokowi dengan ajak 3.000 wanita berkebaya. Gambar : Instagram.com/@gibran_rakabuming

BaperaNews - Ibu Negara Iriana Jokowi akan berkebaya bersama para ribuan wanita dalam memperingati Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada 02 Oktober 2022. Iriana Jokowi dan para wanita Indonesia akan berkebaya untuk memecahkan rekor MURI sekaligus mendukung Kebaya Goes to UNESCO

Kebaya Goes to UNESCO adalah sebuah kampanye untuk mendorong masuknya kebaya sebagai warisan tak benda versi Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Nantinya, kebaya akan menyusul batik yang telah mendapat pengakuan UNESCO terlebih dahulu sejak 02 Oktober 2009. 

Dalam rangka ingin mendukung gerakan Kebaya Goes to UNESCO tersebut, Pemkot Solo bersama Himpunan Ratna Busana (HRB) menyajikan acara bertajuk Pemecahan Rekor Muri bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Acara tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 02 Oktober 2022 pukul 14.30 bertepatan dengan Hari Batik Nasional 2022.

“Beberapa saat yang lalu, Bu Ana (Iriana) selaku pelindung HRB menyampaikan, karena kebaya itu berasal dari Solo, jadi ia minta mengadakan acara ini, ‘Berkebaya Bersama Ibu Negara’, 02 Oktober,” ucap Ketua HRB, Danarsih Santosa Doellah. 

Ketua pelaksana acara ‘Berkebaya Bersama Ibu Negara’, Febri Dipokusumo menjelaskan detail pelaksanaan acara pemecahan rekor Muri bersama Iriana Jokowi. Nantinya, akan ada seribu peserta yang siap mengikuti acara tersebut mulai dari istri gubernur, pedagang jamu, hingga abdi dalam keraton. 

Baca Juga : Hari Batik Nasional, Berikut Daerah Penghasil Batik Di Indonesia

“Cucuk lampah nanti ada perempuan mandiri seperti bakul jamu gendong, bakul lenjongan, abdi dalem, pesinden jalanan, intinya yang masih memakai kebaya hingga hari ini,” ujar Febri. 

“Seluruh istri gubernur dari 37 provinsi juga akan mengikuti acara tersebut. Jadi, nanti ada 37 kebaya khusus masing-masing provinsi,” sambungnya. 

Menurut Febri, momen Berkebaya Bersama Ibu Negara ini akan mencanangkan Hari Kebaya Nasional bertepatan dengan Hari Batik Nasional yakni pada 02 Oktober. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mendukung Kebaya Goes to Unesco. 

Bagi kamu yang tidak bisa ikut berkebaya dengan Ibu Negara Iriana Jokowi, kamu bisa melihat melalui live streaming di kanal YouTube Pariwisata Solo atau Gibran TV. Hal itu dikutip dari Instagram Wali Kota Surakarta yang juga merupakan anak dari Iriana Jokowi dan Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming. 

Gibran mengajak pengikutnya untuk melihat momen Pemecahan Rekor Muri Berkebaya Bersama Ibu Negara bertepatan dengan Hari Batik Nasional 2022. Gibran juga menuliskan ada 3.000 wanita yang akan memakai kebaya bersama ibunya yang merupakan ibu negara Iriana Jokowi. 

“Ayo saksikan live streaming ‘Pemecahan Rekor Muri Berkebaya Bersama Ibu Negara’ dalam rangka mendukung ‘Kebaya Goes to UNESCO’. Akan diikuti oleh 3.000 wanita dari berbagai daerah di Indonesia yang menggunakan kebaya dan jarik wiru. Minggu, 02 Oktober 2022 pukul 14.30-selesai,” tulis Gibran Rakabuming, sabtu (01/10). 

Baca Juga : Sejarah Dibalik Peringatan Hari Batik Nasional Setiap 2 Oktober