Rangkuman Situasi Terkini Rusia Invasi Ukraina, Sabtu 12 Maret

Memasuki hari ke 17 Invasi Rusia ke Ukraina, Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov  tewas ketika menjalankan agresi, Rusia masih terus melanjutkan serangan!

Rangkuman Situasi Terkini Rusia Invasi Ukraina, Sabtu 12 Maret
Rangkuman Situasi Terkini Rusia Invasi Ukraina. Gambar: Reuters/ Thomas

BaperaNews - Invasi Rusia ke Ukraina sudah masuk hari ke 17 per Sabtu 12 Maret 2022. Salah satu Jenderal militer Rusia, Mayor Jenderal Andrei Kolesnikov  tewas ketika menjalankan agresi, dan Rusia masih lanjut menggempur sejumlah kota strategis Ukraina.

Berikut rangkuman situasi terkini Invasi Rusia ke Ukraina.

  1.       Biden : AS tidak bertempur di Perang Dunia II Ukraina

Presiden AS, Joe Biden menegaskan negaranya tidak akan mengirim pasukan ke Ukraina pada hari Jumat 11 Maret 2022, ia juga berjanji akan mempertahankan semua wilayah NATO. Meski tidak mengirim pasukan, AS tetap memastikan Ukraina punya senjata untuk mempertahankan diri dari serangan pasukan Rusia, ia mengaku hampir tiap hari berbicara dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

  1.       Ukraina sebut Jenderal ketiga Rusia Tewas

Seorang jenderal Rusia dikabarkan tewas di tangan pasukan tentara Ukraina, yakni Jenderal Andrei Kolesnikov meninggal dunia dalam pertempuran. “Penjajah Rusia terus kehilangan perwira mereka dalam perang melawan Ukraina, tentara kami berhasil melenyapkan Jenderal Andrei Komandan Distrik Militer Timur” tulis akun Twitter militer Ukraina, @ArmedForcesUkr.

  1.       Jubir Prancis sebut Tentara Rusia Kesulitan

Juru bicara angkatan bersenjata Prancis, Pascal Lanni menyebut pasukan Rusia kurang siap dalam melakukan invasi ke Ukraina, mereka disebut banyak menghadapi kesulitan di lapangan. “Terutama di masalah logistik dan intelijen” ujar Pascal dilansir dari France2 Jumat 11 Maret 2022.

Inggris juga mengatakan hal serupa, “Pasukan Rusia terus membuat kemajuan terbatas, masalah logistik yang menghambat tetap ada, seperti halnya perlawanan kuat Ukraina” ujar Kementerian Pertahanan Inggris di akun Twitter resminya @DefenceHQ.

Baca Juga: AS Kirim Rudal Patriot Ke Polandia, Tangkal Ancaman Rusia

  1.       WHO desak Ukraina hancurkan Laboratorium Patogen Berbahaya

WHO mendesak Ukraina hancurkan semua patogen berbahaya di laboratorium, untuk mencegah wabah ketika serangan Rusia berlanjut. “Sebagai bagian dari pekerjaan ini, WHO meminta Kementerian Kesehatan Ukraina dan badan lain yang terkait menghancurkan patogen yang merupakan ancaman tinggi dan mencegah potensi kebocoran” ujar WHO dilansir dari AFP Jumat 11 Maret 2022.

  1.       Putin buka pintu untuk relawan asing gabung serang Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin menyambut baik relawan dari Rusia maupun asing yang bergabung dengan tentara Rusia untuk melawan Ukraina, dalam rapat dengan Dewan Keamanan Rusia hari Jumat 11 Maret 2022, Putin secara tegas mengungkap mereka yang ingin berperang bersama Rusia diijinkan.

Rusia sudah menerima lebih dari 16 ribu relawan asing, meski demikian mereka belum jelas akan ditempatkan di bagian apa, di medan perang atau bagian lainnya.

Baca juga: Waduh! Vladimir Putin Umumkan Daftar Negara Yang Menjadi Musuh Rusia