Rangkuman Covid-19, Kasus Melandai, Indonesia Menuju Endemi Secara De Facto

Kasus covid-19 terpantau stabil setelah masa libur Lebaran usai, hal ini menandai semakin baiknya imunitas masyarakat dan semakin dekatnya perubahan menuju endemi!

Rangkuman Covid-19, Kasus Melandai, Indonesia Menuju Endemi Secara De Facto
Rangkuman covid-19, Kasus Melandai, Indonesia Menuju Endemi Secara De Facto. Gambar: Unsplash.com

BaperaNews - Kasus covid-19 terpantau stabil setelah masa libur Lebaran usai, hal ini menandai semakin baiknya imunitas masyarakat dan semakin dekatnya perubahan menuju endemi, namun pemerintah masih was was jika kasus akan kembali meningkat setelah libur panjang kenaikan kelas yang akan terjadi sekitar bulan Juni 2022 nanti. Berikut ini rangkuman perkembangan kasus covid-19 terbaru di Indonesia dan segala hal yang terkait kami sajikan untuk Anda.

Indonesia menuju Endemi

Menko PMK, Muhadjir Effendy menyebut secara de facto, Indonesia sudah masuk ke endemi covid-19, hal ini berdasarkan data angka kasus aktif, positivity rate, angka kematian yang rendah, dan tingkat okupansi rumah sakit. “Sekarang sudah ada tanda bukan tertinggi dari penyakit yang ada” ujarnya Kamis 12 Mei 2022.

Ia melanjutkan, transisi pandemi ke endemi ini dipertaruhkan pada saat ini setelah masa libur Lebaran selesai, jika tidak ada penambahan kasus yang signifikan, maka akan seegra beralih ke endemi.

Jokowi bicara kesehatan dunia

Jokowi menyatakan kesiapsiagaan dunia untuk menghadapi pandemi belum cukup kuat, hal ini terlihat dari sejumlah Negara dunia yang menghadapi pandemi covid-19, Jokowi mengajak Negara di dunia untuk kerjasama mengatasi pandemi dan membangun fasilitas kesehatan serta kesiapsiagaan yang lebih kuat.

Baca Juga: Jokowi Tak Disambut Pejabat AS Hingga Thailand Yang Bagi-Bagi Pohon Ganja

“Untuk atasi pandemi, percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk menjangkau ke 70% penduduk di tiap Negara, momentum turunnya kasus di saat ini perlu dimanfaatkan untuk memberi pukulan terakhir kepada covid-19” ujarnya.

Capaian vaksinasi Indonesia

Dari data vaksinasi Kemenkes per 13 Mei 2022 pukul 18.00 WIB, cakupan vaksinasi covid-19 dosis pertama sebanyak 95,80% atau mencakup 100.518.534. Sementara dosis kedua 79,75 % yakni sebanyak 166.084.781 orang dan vaksin booster baru 20,27% atau 42.210.629 orang.

Jumlah kasus covid-19

Per 13 Mei 2022, kasus positif covid-19 di seluruh Indonesia bertambah 335 orang, kemudian ada penambahan 254 orang sembuh dari covid-19, kematian 10 orang. Jumlah ini terus menurun sehingga dimungkinkan Indonesia akan segera beralih ke masa endemi, tentunya pemerintah dan dinas kesehatan terkait masih melakukan observasi terlebih dahulu, terlebih sebentar lagi akan kembali ada masa libur panjang untuk seluruh anak sekolah pada Juni 2022.

Baca Juga: Kabar Baik PeduliLindungi Kini Bisa Dipakai Di 27 Negara Uni Eropa