Raih Pendanaan Rp1,6 T, Startup eFishery Capai Status Unicorn

Startup Agritech Indonesia, eFishery berhasil mendapatkan level pendanaan dengan capaian seri D yakni mencapai Rp 1,61 triliun.

Raih Pendanaan Rp1,6 T, Startup eFishery Capai Status Unicorn
Startup eFishery Capai Status Unicorn. Gambar : Dok. eFishery

BaperaNews - Startup Agritech Indonesia, eFishery berhasil mendapatkan level pendanaan dengan capaian seri D. Dimana pendanaan tersebut sudah mencapai 108 dolar AS atau jika dirupiahkan mencapai Rp 1,61 triliun (berdasarkan kurs terbaru Rp 14.935 per dolar AS).

Dengan adanya pendanaan bernilai fantastis tersebut, maka bisa membuat evaluasi pasca penawaran menjadi meningkat ke angka 1,3 miliar dolar AS, menurut keterangstartan yang diberikan oleh Venture Cap Insights sebagai pihak yang melacak pengajuan regulasi

Melansir dari Techinasia, Jumat (26/5), bahwa putaran terbaru berdasarkan data menunjukkan telah dipimpin oleh 42xfund dan melibatkan peran langsung dari banyak investor existing seperti halnya SoftBank Vision Fund II dan Northstar Group.

Sebelum berhasil masuk ke level seri D, startup eFishery terlebih dahulu berada di level seri C dengan pendanaan yang berhasil dikumpulkan senilai 90 juta dolar AS terhitung pada bulan Januari 2022 lalu.

Menurut keterangan yang disampaikan oleh Gibran Huzaifah (CEO eFishery) dan salah satu pendiri lainnya melalui wawancara eksklusif bersama Tech in Asia, bahwa perusahaannya mempunyai target dan tujuan untuk bisa menggandeng 1 juta petani ikan.

Baca Juga : Berhasil Temukan Kelemahan Android, Google Akan Beri Hadiah Fantastis

Sehingga 1 juta petani ini bisa bergabung bersama startup eFishery dan bekerjasama dengan memanfaatkan koperasi digital pada tahun 2025 mendatang.

Berdiri pada tahun 2013 silam di Kota Bandung, startup ini mulai merambah ke pasar dengan memanfaatkan perangkat IoT yang diberi nama eFishery Feeder.

Dimana dengan memanfaatkan aplikasi ini, para petani ikan menjadi lebih mudah dalam melakukan pekerjaan sehari. Bagaimana tidak, pemberian pakan yang semula dilakukan secara manual, sekarang bisa otomatis.

Sumber pendapatan lain yang didapatkan melalui aplikasi ini meliputi Kabayan (program yang diciptakan khusus dengan sistem pay later untuk petani ikan), eFishery Fresh (platform yang diciptakan sebagai lapak jual beli ikan dan udang yang menyasar target B2B) dan eFishery Mall (tempat yang disediakan untuk transaksi jual beli pakan ikan dan udang).

Daftar Rincian Pendanaan yang Didapatkan oleh startup eFishery:

  • Jumlah pendanaan yang didapatkan: 108 dolar AS
  • Pihak investor utama dari 42xFund
  • Beberapa investor pendukung dari SoftBank Vision Fund dan Northstar Group
  • Tahapan yang dicapai adalah seri D
  • Valuasi yang didapatkan mencapai 1,3 miliar dolar AS.

Baca Juga : Kembangkan Pembangkit Nuklir, Indonesia Ajak Korea Selatan Untuk Kerja Sama