Putin Sambut Ramah Jokowi Di Istana Kremlin

Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow dan Jokowi disambut dengan senyum ramah oleh Putin.

Putin Sambut Ramah Jokowi Di Istana Kremlin
Presiden Putin menyambut ramah Presiden Jokowi. Gambar : BPMI Setpres/Dok. Laily Rachev

BaperaNews - Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow hari Kamis 30 Juni 2022 jam 15.30 waktu setempat. Jokowi disambut dengan senyum ramah oleh Putin dan bendera Indonesia dan Rusia dipasang di sepanjang area Bandara hingga Istana Kremlin.

Keduanya kemudian bertemu tete-a-tete di Ruang Upacara Kenegaraan Istana Kremlin. Jokowi dan Putin kompak memakai jas hitam, Nampak kedekatan keduanya ketika berbincang dan terlihat dari meja sepanjang kurang dari 1 meter antara keduanya.

Sebagai informasi, tete-a-tete adalah percakapan pribadi antara dua orang.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga menyampaikan agar ada ruang dialog antara Rusia dan Ukraina untuk menyelesaikan permasalahan kedua Negara. “Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv, walau kondisi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan juga ruang dialog bisa terus dibuka” ujar Presiden Jokowi.

“Saya telah sampaikan pesan Presiden Ukraina Zelensky untuk Presiden Putin dan Saya sampaikan kesiapan untuk jadi jembatan komunikasi antara keduanya” imbuhnya.

Jokowi juga diskusi tentang pangan dan pupuk dari Ukraina. “Saya tadi banyak diskusi dan menekankan bahwa pangan dan pupuk adalah masalah kemanusiaan, kepentingan masyarakat dunia dan ratusan orang terdampak dengan terganggunya rantai pasokan terutama di Negara berkembang” lanjutnya.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang menjamin keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk dari Rusia dan Ukraina, ini berita yang baik” tutur Presiden Jokowi.

Baca Juga : Rusia Pastikan Putin Hadir Di KTT G20 Bali, Pertanda Kunjungan Jokowi Ke Ukraina Aman?

Sedangkan Putin mengaku bahagia dikunjungi oleh Jokowi. “Saya senang melihat Anda di Rusia, di Moskow. Saya tahu ini ialah kunjungan pertama Anda ke Negara kita” ujarnya.

Putin menyebut Indonesia ialah Negara yang punya hubungan sangat baik dengan Rusia. “Yang penting, kita mengembangkan hubungan di semua bidang, seperti ekonomi, keamanan, dan politik, dan tentu saja, upaya untuk melawan terorisme” imbuhnya.

Menurut Putin, Indonesia tertarik untuk kembangkan hubungan dengan EAEU (Uni Ekonomi Eurasia), sebab itu sejak bulan Mei 2022 lalu, Rusia memulai proses pemulihan hubungan dengan organisasi regional atau EAEU tersebut.

“Ketika kita bicara melalui telepon, Anda menyatakan keprihatinan dan minat untuk menyelesaikan krisis di Ukraina, di Donbass. Saya akan beritahu Anda secara rinci tentang segala sesuatu yang terjadi disana dan tentang perspektif kami pada masalah ini, Selamat datang Tuan Presiden!” ujar Putin kepada Jokowi dalam pertemuannya.