Putin Dipastikan Tidak Hadir di KTT G20 Bali, Bagaimana Dengan Zelensky?

Presiden Rusia Vladimir Putin telah memastikan diri tidak akan hadir secara langsung di KTT G20 Bali. Lalu apakah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky akan hadir? Berikut penjelasannya!

Putin Dipastikan Tidak Hadir di KTT G20 Bali, Bagaimana Dengan Zelensky?
Putin dipastikan tidak hadir di KTT G20 Bali. Gambar : Thibault Camus/Pool via REUTERS

BaperaNews - Presiden Rusia Vladimir Putin telah memastikan diri tidak akan hadir secara langsung di KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022 mendatang. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky sebelumnya menyebut tidak akan hadir ke Bali jika Vladimir Putin berada di acara tersebut.

Sebelumnya telah disampaikan Zelensky tidak bisa hadir secara langsung namun memilih hadir secara daring. Kini hal berbeda disampaikan, Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menyebut kehadiran Zelensky secara langsung belum bisa dipastikan, dengan kata lain, masih ada kemungkinan Zelensky akan datang secara langsung karena Putin telah resmi menyatakan tidak hadir di KTT G20 Bali.

“Belum ada konfirmasi akhir” ujar Vasyl Kamis (10/11). Sedangkan Dubes Rusia untuk Indonesia Yulia Tomskaya menyatakan kemungkinan besar Putin akan tetap hadir secara virtual di KTT G20 Bali.

“Agenda Presiden Putin masih dalam pertimbangan, dia bisa berpartisipasi secara virtual” ujarnya pada Kamis (10/11).

Jubir dari Kedubes Rusia, Alex, juga menyampaikan hal serupa. “Ya, kemungkinan akan hadir secara virtual, ini masih direncanakan” sambungnya.

Sebelumnya Vasyl menyampaikan Zelensky pasti akan hadir di KTT G20 Bali, entah itu secara langsung ataupun virtual, sebelum Putin menyatakan absen. “Presiden Zelensky akan gabung dengan pertemuan itu, secara langsung atau virtual kami masih menunggu” tuturnya.

Baca Juga : Serba Serbi KTT G20: Jadwal, Tema, Daftar Anggota Hingga Rundown Acara

Sementara Rusia, meski Putin telah resmi menyatakan ketidakhadirannya secara langsung, Rusia tetap mengirim perwakilannya yakni salah satu Menteri. “Delegasi Rusia yang akan hadir di KTT G20 Bali ialah Menlu Rusia Sergei Lavrov” terang Alex.

Lavrov sebelumnya pernah datang ke Indonesia yakni pada pertemuan para Menlu G20 Bali pada Juli 2022 lalu. Kehadiran Putin di KTT G20 Bali memang jadi salah satu pertanyaan penting sejak berbulan-bulan lalu, mengingat Putin saat ini tengah tegang dengan kepala Negara dari sejumlah Negara anggota G20 lainnya akibat perang dengan Ukraina.

Presiden RI Jokowi memastikan meski dihadiri oleh perwakilan, Rusia akan tetap mendapat sambutan hangat sebagaimana perwakilan Negara lain, KTT G20 Bali akan dilaksanakan dengan tentram, tanpa kekhawatiran bayang-bayang ketegangan internasional sebab G20 ialah forum ekonomi, bukan politik.

“G20 bukan forum politik, ini forum untuk ekonomi dan pembangunan” tegasnya.

99% persiapan KTT G20 Bali telah selesai, Indonesia bersiap menyambut dan melaksanakan KTT G20 di Bali, sukses untuk KTT G20 Bali.

Baca Juga : Anne Hathaway Akan Jadi Pembicara Di B20 Bali, Apa Yang Di Bahas?