Putin Berikan Penghargaan Persahabatan Ke Aktor Steven Seagal

Presiden Rusia, Vladimir Putin berikan penghargaan bergengsi kepada Aktor Amerika Serikat, Steven Seagal atas karyanya dalam memperkuat kerja sama internasional.

Putin Berikan Penghargaan Persahabatan Ke Aktor Steven Seagal
Vladimir Putin berikan penghargaan persahabatan kepada aktor Steven Seagal. Gambar : REUTERS

BaperaNews -  Presiden Rusia, Vladimir Putin memberikan penghargaan bergengsi kepada Aktor Amerika Serikat yaitu Steven Seagal atas karyanya dalam memperkuat kerja sama internasional.

Dalam keputusan resmi pada Senin (27/02) lalu, Steven Seagal telah diberikan “Order of Friendship” atau penghargaan persahabatan atas kontribusi besar yang dilakukannya terhadap pengembangan kerja sama budaya dan kemanusiaan internasional.

Sebagaimana mengutip dari AFP, dalam beberapa musim terakhir sejak ketenarannya di Hollywood, Steven Seagal secara terang-terangan menjadi pendukung Putin.

Steven Seagal mengunjungi wilayah Donetsk, Ukraina Timur pada bulan Agustus 2022, termasuk juga pusat penahanan Olenivka yang hancur, dimana lebih dari puluhan tahanan Ukraina dilaporkan tewas.

Baik dari sisi Ukraina maupun Moskow saling menyalahkan atas serangan yang terjadi terhadap fasilitas itu pada bulan Juli lalu.

Pada tahun 2018 Kementerian Luar Negeri Rusia menunjuk Steven Seagal sebagai perwakilan khusus untuk hubungan kemanusiaan antara Rusia dan Amerika Serikat. 

Steven Seagal juga diberikan kewarganegaraan Rusia saat Putin secara pribadi menyerahkan paspor Rusia kepada aktor tersebut dalam pertemuan yang disiarkan di televisi saat tahun 2016.

Baca Juga : Alasan Putin Beri Hukuman dan Denda yang Melanggar UU Anti LGBT

Dalam acara tersebut, Vladimir Putin menyampaikan selamat kepada Steven Seagal serta menyampaikan harapan bahwa hal tersebut merupakan bentuk lain, meskipun kecil, namun dapat menjadi tanda tahapan normalisasi hubungan antarnegara Amerika Serikat dan Rusia. 

Steven Seagal termasuk dalam aktor yang disukai di Rusia, ia juga sering mengunjungi Rusia lebih dari satu dekade terakhir.

Adapun film-film yang pernah dibintangi oleh Steven Seagal seperti Sniper: Special Ops dan Under Siege juga dilaporkan banyak ditonton oleh masyarakat Rusia. 

Diketahui, Steven Seagal bukan satu-satunya selebriti yang mendapatkan keistimewaan tersebut, akan tetapi ia menjadi yang terbaru sejak tahun 2013.

Saat itu, Vladimir Putin juga menganugerahi warga negara kepada Gerard Depardieu yang merupakan aktor asal Perancis. 

Hingga saat ini memang tidak banyak aktor Hollywood yang mendapatkan keistimewaan tersebut.

Baca Juga : Masyarakat Jepang Geger Usai Temukan Bola Besi Misterius di Pantai Enshu