Puluhan Rumah Rusak di Puncak Diterpa Angin Kencang

Puluhan rumah mengalami kerusakan akibat angin kencang di Kampung Gunung Mas, Kabupaten Bogor.

Puluhan Rumah Rusak di Puncak Diterpa Angin Kencang
Puluhan Rumah Rusak di Puncak Diterpa Angin Kencang. Gambar : Dok. BPBD Kab. Bogor

BaperaNews - Pada Sabtu (28/10) siang, Kampung Gunung Mas, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dilanda Angin kencang, mengakibatkan kerusakan pada sejumlah rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Ade Hasrat, menyatakan bahwa angin kencang tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Dampaknya terasa di dua RT/RW, memengaruhi puluhan rumah yang dihuni hampir 100 warga.

Pada pukul 13.30 WIB, pihak BPBD menerima laporan tentang kejadian tersebut. Dari hasil kaji cepat sementara, terdapat 22 unit rumah yang terdampak. Dari jumlah tersebut, 15 unit rumah mengalami kerusakan ringan, sedangkan 7 unit lainnya mengalami kerusakan sedang. Keseluruhan rumah ini dihuni oleh 25 kepala keluarga dengan total 97 jiwa.

Secara rinci, di Kampung Gunung Mas RT 01/ RW 002, terdapat 10 rumah yang terdampak. Dari jumlah tersebut, enam unit rumah mengalami kerusakan ringan, sementara empat unit lainnya mengalami kerusakan sedang.

Baca Juga : Angkot Terbakar di Parung Bogor, Api Terus Membumbung

Sementara itu, di Kampung Gunung Mas RT 01/ RW 003, terdapat 12 rumah yang terdampak. Dari jumlah tersebut, sembilan rumah mengalami kerusakan ringan, dan tiga rumah mengalami kerusakan sedang.

Kerusakan yang terjadi pada umumnya berada pada bagian atap rumah, yang mengakibatkan rumah-rumah tersebut masih dapat ditempati oleh pemiliknya dan dalam perbaikan mandiri. Bantuan dalam proses perbaikan disediakan oleh pihak PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Gunung Mas.

Ade Hasrat dari BPBD Kabupaten Bogor mengungkapkan bahwa Tim Rescue Cepat (TRC) BPBD telah melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) kebencanaan.

Mereka telah melakukan kaji cepat dan analisis di lokasi kejadian serta memberikan edukasi tentang kebencanaan dan imbauan kepada warga sekitar. Namun, dari hasil analisa anggota di lapangan, masih dibutuhkan penanganan lebih lanjut dan ada kekhawatiran bahwa kerusakan dapat bertambah.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan melakukan tindakan pencegahan dini. Kondisi ekstrim seperti angin kencang dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan, oleh karena itu, memeriksa kondisi rumah dan melakukan perbaikan jika diperlukan sangat penting untuk mencegah kerusakan yang lebih besar akibat cuaca ekstrem

Baca Juga : Tega! Ayah di Bogor Perkosa Anak Kandung Selama 4 Tahun