Pulau Buru Dominasi Produksi Minyak Kayu Putih, Berikut Khasiatnya Yang Perlu Kamu Tahu !

Pulau Buru semakin populer dengan khasiat minyak kayu putih, berikut beberapa khasiat Minyak Kayu Putih

Pulau Buru Dominasi Produksi Minyak Kayu Putih, Berikut Khasiatnya Yang Perlu Kamu Tahu !

BaperaNews - Pulau buru kian populer dengan keberadaan minyak kayu putih yang memiliki beragam khasiat. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah produksi minyak kayu putih setiap tahunnya.

Alasan utama permintaan yang semakin melonjak karena kualitas minyak kayu putih asal Pulau Buru benar – benar beda dan unggul.

Menurut data dari Katadata, produksi minyak kayu putih di Pulau Buru sepanjang 2020 terbanyak didominasi oleh Kepulauan Maluku dan juga Papua yakni dengan total 25,02 juta liter. Jika dipersentasekan sebanyak 99,8 persen dari total produksi nasional.

Terlebih lagi selama masa pandemi, kebutuhan minyak kayu putih semakin melejit membuat produksi terus mengalami peningkatan. Banyak orang yang menggunakan minyak kayu putih sebagai pencegahan covid – 19. Atau bahkan untuk aromaterapi agar saat mengenakan masker tak terasa sesak.

Lantas apa saja khasiat minyak kayu putih itu?

1. Membantu Meringankan Batuk

Untuk pertolongan pertama, minyak kayu putih seringkali digunakan untuk membantu meringankan batuk. Jika kalian jeli, beberapa obat batuk yang ada di pasaran, pada komposisinya terdapat minyak kayu putih lho. Efek semriwing yang membuatnya bisa membantu meringankan batuk.

2. Membantu Meredakan Rasa Nyeri di Persendian

Rasa nyeri persediaan atau rasa pegal – pegal pada sekujur tubuh bisa diobati dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian tubuh yang terdapat keluhan. Dijamin, dalam beberapa menit setelah menggunakannya, akan ada perubahan yang signifikan. Tubuh lebih rileks dan nyaman.

3. Mengobati Bekas Gigitan Serangga

Gigitan serangga yang seringkali meninggalkan ruam atau pembengkakan, bisa diobati dengan mengoleskan minyak kayu putih ke bagian yang kontak langsung dengan serangga. Misalnya saja tak sengaja kontak dengan ulat bulu dan kulit menjadi gatal diikuti dengan ruam, dengan mengoleskannya saja sudah bisa membantu meredakan gatal – gatal tersebut.

4. Mengeluarkan Lendir dan Dahak

Saat kalian sedang flu berat dimana hidung terasa mampet atau pun dahak susah dikeluarkan, coba deh menghirup uap air hangat – hangat kuku yang sudah diteteskan minyak kayu putih! Lendir yang menyebabkan hidung tersumbat dan dahak akan segera bisa keluar. Rasa plong akan membuat kalian jauh lebih baik.

5. Meringankan Masuk Angin

Di masyarakat, mengobati masuk angin dengan kayu putih sudah tak asing lagi. Ada yang senang mengoleskannya pada bagian leher, ada juga yang menggunakan minyak kayu putih untuk kerokan. Kalian juga bisa mencobanya sebagai pertolongan pertama.

Nah itu dia beberapa khasiat dari minyak kayu putih yang wajib kalian tahu. Kalian bisa mencobanya saat mengalami beberapa masalah seperti di atas ya.