PT KAI Siapkan Peremajaan Usai Viral Keluhan Penumpang Soal Kursi Tegak Lurus

PT KAI bakal ganti kursi tegak lurus di kereta api kelas ekonomi, usai viral banyaknya keluhan penumpang terhadap kursi tegak lurus dan berhadapan terlalu dekat.

PT KAI Siapkan Peremajaan Usai Viral Keluhan Penumpang Soal Kursi Tegak Lurus
PT KAI bersiap untuk melakukan peremajaan pada kursi kereta api kelas ekonomi, usai viral banyaknya keluhan penumpang terhadap kursi tegak lurus. Gambar : Dok. PT KAI Daop VI Yogyakarta

BaperaNews - PT KAI (Kereta Api Indonesia) bersiap untuk melakukan peremajaan pada kursi kereta api kelas ekonomi, hal ini disampaikan usai adanya keluhan penumpang tentang sandaran kursi tegak lurus dan posisi kursi yang berhadapan terlalu dekat.

Keluhan penumpang tersebut diungkap salah satu warganet di Twitter, menyebut kursi tegak lurus bikin badan pegal. “Kenapa @KAI121 masih mempertahankan seat berhadapan seperti ini? Padahal bikin sakit badan, apalagi perjalanan di atas 5 jam” tulis akun @Qruunn.

Keluhan tersebut kemudian ditanggapi akun @asmaraism yang menyebut dirinya karyawan PT KAI, ia mengajak masyarakat untuk tidak kufur nikmat atas layanan di kereta api. “Ada banyak hal yang jadi PR KAI dalam memberi peningkatan pelayanan kepada penumpangnya, tapi kita juga mesti pandai bersyukur dan enggak kufur nikmat atas improvement yang sudah dilakukan” tulisnya.

Balasan tersebut pun balik mendapat keluhan lain dari warganet yang menilai memang KAI kelas ekonomi tidak nyaman yakni kursi tegak lurus, jarak antar kursi terlalu dekat, apalagi yang posisi berhadapan.

“Posisi duduk ini sudah mentok ke sandaran dengan kursi berhadapan, bagaimana bisa orang depan saya duduk kalo kaya gini”, “Pernah naik ekonomi waktu hamil tua kursi tegak lurus mana berhadapan sempit kaki ga bisa selonjor. Emang murah sih tapi ga nyaman banget rasanya pengen nangis”, komentar warganet lainnya.

Baca Juga : Segera Ganti Ke TV Digital! Ini Deadline Suntik Mati TV Analog Di Indonesia

Kereta api kelas ekonomi juga dinilai terlalu banyak varian dengan standar layanan yang berbeda sehingga sering jadi sasaran keluhan penumpang.

Respon PT KAI

VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengungkap PT KAI memang sudah punya program untuk peremajaan kereta api kelas ekonomi, hal ini untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

“Dalam rangka memberi pelayanan terbaik kepada pelanggan, PT KAI berupaya melakukan perbaikan berkelanjutan di segala aspek. Kali ini PT KAI akan membeli kereta baru kelas ekonomi untuk mengganti sarana yang sudah lama beroperasi” ujarnya Jumat 26/8/2022.

Menurutnya, saat KAI punya 1.346 unit kereta penumpang yang 22% diantaranya sudah cukup lama dioperasikan sehingga perlu peremajaan, porsi kereta api kelas ekonomi memang yang terbanyak diantara kelas lain yakni mencakup 58% atau setara 831 unit kursi.

Untuk jumlah kereta yang akan dibeli, Joni menjelaskan bahwa hal ini masih dalam perhitungan.

Baca Juga : Siap-Siap! Harga Bitcoin Diprediksi Akan Jatuh Ke Level Terendah