PSSI Beri Surat Untuk FIFA Soal Percepatan KLB, Berikut Isi Suratnya!

Usai sejumlah klub mendesak supaya KLB segera dilakukan, PSSI akhirnya mengirim surat kepada FIFA tentang mempercepat kongres luar biasa (KLB).

PSSI Beri Surat Untuk FIFA Soal Percepatan KLB, Berikut Isi Suratnya!
PSSI beri surat untuk FIFA soal percepatan KLB. Gambar : ANTARA/M Risyal Hidayat

BaperaNews - PSSI telah mengirim surat kepada FIFA tentang mempercepat kongres luar biasa (KLB). Sebelumnya sejumlah klub mendesak agar KLB segera dilakukan sebagai efek dari tragedi Kanjuruhan. PSSI kemudian menggelar rapat darurat pada Jumat malam (28/10) bersama Exco PSSI dan memutuskan KLB akan dipercepat.

KLB ini selain berhubungan dengan perbaikan sepakbola di Indonesia juga berhubungan dengan nasib kompetisi Liga 1, 2, dan 3 indonesia yang kini harus dihentikan sementara akibat tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 155 orang.

Maka KLB diputuskan untuk dipercepat. PSSI mengirim Surat bernomor 4452/ULN/537/X-2022 kepada Sekjen FIFA Fatma Samoura. PSSI mengajukan Kongres Biasa dilaksanakan pada 7 Januari 2023 dan Kongres Luar Biasa dilaksanakan pada 18 Maret 2023.

Baca Juga : PSSI Sepakat Percepat KLB, Agar Liga 1 Bisa Kembali Digelar

Berikut Isi Lengkap Surat PSSI untuk FIFA :

Pada (28/10), 12 anggota Exco (Komite Eksekutif) PSSI melakukan rapat yang hasilnya mempercepat Kongres Biasa dengan agenda pemilihan yang seharusnya dijadwalkan pada November 2023, melalui mekanisme Kongres Luar Biasa.

Sebelum KLB, akan diadakan Kongres Biasa dengan agenda membentuk panitia Komite Pemilihan dan Komite Banding. Karena Ketua dan Anggota Komite Pemilihan yang dibentuk tahun 2019 telah mundur dari jabatannya, kami mohon rekomendasi dan persetujuan untuk mengadakan KLB dengan jadwal :

  1. Kongres biasa PSSI 7 Januari 2022 dengan agenda pemilihan Ketua Komite dan Komite Banding.
  2. KLB pada 18 Maret dengan agenda pemilihan Presiden, Wakil Presiden, dan Exco.

Kami menantikan kabar Anda, terima kasih atas kerjasamanya.                   

Pengajuan tanggal untuk KLB dan Kongres Biasa tersebut masih berupa usulan, PSSI tetap menunggu rekomendasi dan persetujuan dari FIFA tentang penetapan tanggal pastinya.

Hingga saat ini nasib LIga 1, 2, dan 3 Indonesia belum pasti, belum tahu kapan akan kembali bergulir. Menpora Zainuddin Amali menyatakan belum bisa memberi kepastian, “Saya komunikasi bagaimana klub-klub ini akan mendapat kepastian kappa liga kembali bergulir, mereka ini menunggu. Klub juga keluar uang, membayar pemain, pelatih, dan sebagainya” ujarnya.

Maka kepastian nasib Liga 1, 2, dan 3 Indonesia ditentukan oleh PSSI dan Kepolisian Indonesia.

“Nanti biarkan PSSI dan Polri yang merumuskan, pemerintah hanya membantu dan memfasilitasi, tidak ikut campur menentukan pertandingan dan lainnya” pungkasnya.

Sedangkan PSSI sendiri juga belum tahu pasti, masih menunggu rekomendasi dari FIFA. “Berhenti dulu sampai format kompetisi tertata ulang dan bagus, kalau sudah bagus baru disetujui FIFA dan kita laksanakan kembali” terang anggota Exco PSSI Ahmad Riyadh.

Baca Juga : Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-20 Vs Moldova