PSSI Ancam Ganti Wasit Asing Jika Kinerja Tak Kunjung Berubah

kinerja wasit pada babak 16 besar Liga 3 yang mempertemukan Farmel FC dengan Persikota Tangerang menjadi sorotan, menanggapi hal tersebut PSSI pun angkat bicara. Simak informasi lengkpanya!

PSSI Ancam Ganti Wasit Asing Jika Kinerja Tak Kunjung Berubah
PSSI berencana akan menggunakan wasit asing untuk meminimalisir keputusan kontroversi. Gambar: AFP/ Dok. GIUSEPPE CACACE

BaperaNews - Kinerja wasit di kompetisi sepak bola Indonesia kembali mendapat sorotan, kali ini Kinerja wasit di kompetisi sepak bola Indonesia Liga 3. Namun, pada semua tingkatan, baik Liga 1, Liga 2 maupun Liga 3 juga selama ini selalu jadi sorotan setiap musimnya.

Dikutip dari laman PSSI, peristiwa terakhir yang membuat kinerja wasit disorot terjadi di laga babak 16 besar Liga 3 yang mempertemukan Farmel FC dengan Persikota Tangerang.

Dalam pertandingan yang dimenangkan Farmel FC dengan skor 3-0 itu, wasit membuat sejumlah keputusan kontroversial seperti pemain yang dianggap offside meski posisinya onside dengan jarak 2-4 meter.

Hal ini menjadi sangat ramai akibat Artis Prilly Latuconsina mengungkapkan kekecewaannya terhadap pertandingan antara Persikota melawan Farmel FC pada hari Minggu lalu di sosial media. Dalam pertandingan Liga 3 tersebut, Prilly merasa kesal karena wasit yang berada dalam pertandingan tidak suportif.  Hal itu diungkapkan bos Persikota itu melalui akun instagram pribadinya.

“Sebelumnya saya dan tim Persikota dari awal berjuang secara keras penuh jerih payah, lelah, letih dan sungguh-sungguh untuk mewarnai dunia sepak bola di Indonesia. Saya semangat dan tertarik untuk masuk dan terjun langsung ke dunia sepak bola karena saya melihat adanya harapan yang besar untuk memajukan dan membesarkan sepak bola di negara kita.  Tapi sangat disayangkan apa yang diperlihatkan dan dipertontonkan di laga hari ini, antara Persikota melawan Farmel FC adalah bukti nyata bahwa kondisi sepak bola di Indonesia masih mengecewakan,” ungkap Prilly Latuconsina .

Baca juga: Rapor Pembalap Indonesia Mario Aji Dan Tim Indonesia Di MotoGP Qatar

Sebelumnya publik juga dikecewakan oleh kinerja wasit yang memimpin laga babak 32 besar antara Bandung United vs Farmel FC. Sejumlah pemain Bandung United diganjar kartu merah.

Karena kinerja yang belum bisa berubah menjadi lebih baik, PSSI menyiapkan opsi bakal menggunakan tenaga asing andai masih ada keputusan-keputusan kontroversial dari wasit kompetisi kasta ketiga sepakbola Tanah Air itu.  

PSSI mengadakan pertemuan dengan wasit-wasit yang mendapatkan tugas memimpin babak 16 besar Liga 3. Kegiatan ini dilakukan secara virtual, Selasa (8/3/2022).

Dalam pertemuan itu, Iriawan mengaku kecewa kepada wasit-wasit itu. Bahkan, mantan Kapolda Metro Jaya itu mengancam bakal mengganti wasit dengan tenaga asing.

"Saya merasa terganggu dengan adanya masalah keputusan-keputusan kontroversial yang dibuat oleh para wasit yang bertugas. Bisa jadi opsinya saya mencari wasit-wasit lain dari luar negeri," kata Iriawan dilansir dari laman PSSI, Selasa (8/3/2022).

"Saya tidak ingin dicap ada permainan di dalam PSSI. Bisa berubah kalian? Saya berdarah-darah dan jatuh bangun membangun sepak bola yang sempat berhenti nyaris dua tahun."

"Saya mohon ini diperbaiki. Karena saya kecewa. Jadi maaf saya bicara keras. Bisa berubah atau tidak? Kalau tidak, tak usah jadi wasit, cari nafkah dan kerjaan lain. Ambil contoh Thoriq (Alkatiri), dia bisa menjadi contoh dan anutan bagi kalian," tuturnya.

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu juga meminta wasit melihat lagi video rekaman pertandingan antara Farmel FC dan Persikota. Ia meminta belajar benar atau tidak keputusan yang dilakukan.

Baca juga: Penonton MotoGP Di Sirkuit Mandalika Lombok Diizinkan Untuk Bawa Tikar Dan Kursi Dari Rumah Sendiri