Program Mudik Gratis Dari Kemenhub Langsung Habis Dalam 24 Jam

Program Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan kuota 24.072 orang langsung habis dalam waktu kurang dari 24 jam.

Program Mudik Gratis Dari Kemenhub Langsung Habis Dalam 24 Jam
Program Mudik Gratis Dari Kemenhub Langsung Habis Dalam 24 Jam. Gambar : Antara Foto/Dok. Galih Pradipta

BaperaNews - Program Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat. Program yang memberikan kesempatan bagi calon pemudik untuk pulang kampung dengan gratis ini dibuka pada Senin (13/3). Namun, siapa sangka, kuota mudik gratis 24.072 orang itu langsung habis dalam waktu kurang dari 24 jam.

Dalam sebuah postingan di akun Instagram resmi Ditjen Perhubungan Darat (@ditjen_hubdat), Kemenhub meminta maaf kepada masyarakat yang belum berhasil mendaftar.

"Kali ini Mindat harus memberi informasi dengan berat hati bahwa kuota Mudik Gratis telah habis hanya dalam waktu kurang dari 24 jam," tulis mereka.

Bagi yang berhasil mendaftar program mudik gratis, Kemenhub menyarankan untuk segera melakukan verifikasi di lokasi posko yang disediakan. Diketahui Kemenhub menyediakan armada bus sebanyak 585 unit, di mana 459 bus digunakan untuk arus mudik dan 126 sisanya untuk arus balik. Selain itu, Kemenhub juga menyiapkan 30 truk untuk mengangkut 900 sepeda motor.

Program mudik gratis Kemenhub ini akan mengantarkan pemudik ke 28 kota tujuan, termasuk beberapa wilayah di Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Baca Juga : Dibuka Hari Ini, BUMN Luncurkan Program Mudik Gratis 2023 Untuk 65 Ribu Orang

Untuk wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki kota tujuan Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Solo, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.

Sementara itu, untuk wilayah daerah Jawa Timur program mudik gratis Kemenhub ini memiliki kota tujuan Tuban, Madiun, Surabaya, Malang, dan Tulungagung.

Adapun, tujuan Sumatera ada Lampung dan Palembang. Sedangkan, untuk arus balik, Kemenhub menyiapkan 8 kota asal yang seluruhnya menuju Jakarta, yakni Cirebon, Surabaya, Madiun, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Sedangkan, kota asal tujuan pengangkutan mudik dan balik yang mengangkut sepeda motor terdapat pada 5 kota, yakni Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Semarang dan Wonogiri.

Bagi para pemudik yang ingin pulang kampung, program mudik gratis Kemenhub ini sangat membantu, terlebih biasanya harga tiket transportasi umum menjelang hari raya akan naik secara drastis sebanding dengan daya beli yang juga meningkat. Semoga program mudik gratis Kemenhub ini dapat membawa kebahagiaan bagi seluruh pemudik yang merindukan kampung halaman mereka.

Baca Juga : Hindari Tanggal Ini! Simak Waktu yang Tepat Untuk Mudik Lebaran 2023