Polri Bakal Gelar Operasi Mantap Brata Untuk Amankan Pemilu 2024

Demi amankan Pemilu dan Pilkada 2024, Polri gelar pengamanan yang diberi nama Operasi Mantap Brata. Berikut informasi selengkapnya!

Polri Bakal Gelar Operasi Mantap Brata Untuk Amankan Pemilu 2024
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo. Gambar : dok. Humas Polri

BaperaNews - Jelang pemilu dan pilkada 2024 mendatang, Polri dikabarkan akan menggelar operasi khusus yang akan diberi sandi Operasi Mantap Brata untuk pengamanan pemilu dan pilkada.

Diketahui, pada tahun 2024 mendatang. Bakal digelar pemilihan presiden (pilpres), pemilihan kepala daerah (pilkada), dan juga pemilihan legislatif (pileg).

Dalam pernyataannya kepada wartawan pada hari Selasa (24/5/), Irjen Dedi Prasetyo selaku Kadiv Humas Polri menyampaikan bahwa nantinya Polri akan menggelar Operasi Mantap Brata dari tingkat Mabes sampai dengan tingkat Polres jajaran.

Kemudian, Dedi melanjutkan bahwa operasi akan diawali dengan merumuskan pengamanan untuk setiap tahapan pemilu. Ia menjelaskan bahwa setiap tahapan tersebut akan memiliki potensi gangguan keamanan ketertiban masyarakat yang berbeda-beda.

Dalam hal tersebut, Dedi menegaskan bahwa Korps Bhayangkara akan menyiapkan skema pengamanan yang tepat agar proses pemilu serentak dilaksanakan nanti. Sehingga, dapat berlangsung secara demokratis dan juga aman.

Dedi melanjutkan bahwa tentunya Polri akan merencanakan dan mempersiapkan anggaran, sarana prasarana, personel, cara bertindak guna mengantisipasi potensi gangguan-gangguan tersebut agar seluruh tahapan pemilu 2024 baik itu pilpres, pilkada, dan pileg dapat berjalan dengan lancar, aman, demokratis dan tetap memperhatikan prokes (protokol kesehatan).

Akan tetapi, ia belum dapat menjelaskan lebih lanjut terkait waktu Operasi Mantab Brata tersebut akan mulai terlaksana. Pihaknya masih menunggu jadwal pasti pelaksanaan setiap tahapan pemilu yang masih dirumuskan oleh KPU, DPR RI, dan juga pemerintah.

Baca Juga : Aturan Baru KTP, Nama Minimal Dua Kata, Tanpa Gelar, Maksimal 60 Huruf

"Karena pentahapannya kan masih dirapatkan dengan Komisi II DPR sebelum diputuskan," Ujar Dedi.

Ditemukan, sebelumnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa pengamanan Pemilu 2024 akan dilakukan lebih awal. Dikarenakan pemilu dan pilkada 2024 tersebut lebih kompleks dibanding sebelumnya.

Sebagai informasi tambahan, selama ini pilkada dan pemilu tidak digelar pada tahun yang sama. Namun pada tahun 2024 nanti, pilkada dan pemilu seluruh Indonesia akan diselenggarakan di tahun yang sama.

Dalam pernyataannya usai menerima audiensi KPU di Mabes Polri, Jakarta, pada hari Senin (23/5) lalu, Kapolri menjelaskan bahwa tentu pihaknya tahu bahwa pemilu tahun 2024 ini jauh lebih kompleks, lantaran dari sisi penyelenggaraannya yang serentak sehingga perlu dilakukan pengamanan yang lebih awal.