Polisi Minta Masyarakat Waspadai Jam Rawan Kejahatan Selama Puasa 2023

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kompol Trunoyudo Wisnu menghimbau masyarakat untuk waspada pada jam rawan kejahatan selama bulan Ramadhan 2023. 

Polisi Minta Masyarakat Waspadai Jam Rawan Kejahatan Selama Puasa 2023
Jam Rawan Kejahatan Selama Puasa 2023. Gambar : Dok. PMJNews

BaperaNews - Bulan ramadhan 2023 telah dimulai pada hari ini Kamis 23 Maret 2023. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kompol Trunoyudo Wisnu menghimbau agar masyarakat waspada pada jam rawan kejahatan selama bulan Ramadhan 2023

“Jam kerawanan bisa kita lihat ketika hari mulai gelap, dimulai pada saat jam shalat tarawih. Biasanya kalau tarawih kan orang cenderung ke masjid” tuturnya Rabu (22/3).

Tindak rawan kejahatan juga bisa terjadi ketika rumah dalam kondisi kosong. Maka kepolisian mengambil tindakan pencegahan untuk mengambil langkah menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Kemudian ketika rumah kosong atau mungkin tidak kosong tapi ada potensi dan peluang bisa menjadi kesempatan” imbuhnya.

Kepolisian membuat program Satu Polisi Satu RW untuk memecahkan masalah, membahas bagaimana menjaga lingkungan ketika jam rawan kejahatan. Waktu lain jam resiko kejahatan yaitu ketika jam sahur.

“Ketika jam malam ya, tentu orang akan istirahat menjelang sahur. Ini juga jadi waktu yang rawan” lanjutnya.

Baca Juga : Kapolda Metro Jaya Larang Kegiatan Sahur On The Road, Ini Alasannya!

Polda Metro Jaya juga telah memiliki program penjagaan keamanan lain yang bernama Patroli Perintis Presisi dimana kegiatannya juga menggelar layanan di malam hari.

“Ini kita terus lakukan selama bulan Ramadhan dan seterusnya untuk memberi rasa aman pada masyarakat dalam menjalankan ibadah di bulan suci ini” pungkas Trunoyudo.

Masyarakat juga perlu antisipasi dengan memastikan rumah dalam keadaan terkunci ketika ditinggal bepergian shalat tarawih atau kegiatan lainnya yang dianggap sebagai salah satu jam rawan kejahatan agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan serta tidak memancing dengan meletakkan barang berharga di tempat yang mudah diketahui orang lain.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga tentang prediksi kemacetan di DKI Jakarta dan sekitarnya yang diperkirakan akan terjadi sepanjang bulan Ramadhan 2023 di jam 15.00 atau 16.00 WIB. Biasanya di jam-jam tersebut banyak warga keluar rumah untuk mencari makanan buka puasa.

“Mungkin orang mengejar waktu untuk buka puasa, jam 3 dan jam 4 sore itu sudah mulai padat kendaraan” sambung Dirlantas Polda Metro Jaya Kompol Latif Usman.

Menurut Usman, pergeseran jam macet ini hanya terjadi di minggu awal atau pekan pertama ramadhan. Setelahnya akan kembali seperti biasa.

Maka polisi melakukan antisipasi dengan pengaturan arus lalu lintas di titik rawan macet menjelang buka puasa. Titik yang rawan macet telah dilakukan pemetaan, diantaranya di Jalan Arteri yang menjadi penghubung Jakarta dengan kawasan penyangga.

Baca Juga : Haram! MUI Sumut Larang Asmara Subuh dan Petasan Saat Ramadhan!