Polisi Bakal Tutup Jalan Saat Parade 20 Pembalap MotoGP Di Jakarta

Polda Metro Jaya akan menutup jalan dan membuat rekayasa lalu lintas menjelang acara parade 20 pembalap MotoGP di Jakarta hari Rabu (16/3/22).

Polisi Bakal Tutup Jalan Saat Parade 20 Pembalap MotoGP Di Jakarta
Ilustrasi parade 20 pembalap MotoGP di Jakarta Gambar : motogp.com

BaperaNews - Polda Metro Jaya akan menutup jalan dan membuat rekayasa lalu lintas ketika acara parade 20 pembalap MotoGP di Jakarta hari Rabu nanti 16 Maret 2022. Namun Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes E Zulpan belum menjelaskan lebih lanjut ruas jalan mana saja yang akan ditutup dan dilakukan rekayasa lalu lintas.

“Rute pastinya dan jarak berapa kita belum tahu, yang pasti pengamanannya akan maksimal” ujarnya kepada awak media hari Kamis 9 Maret 2022. Unsur pengamanan yang dilakukan akan melibatkan Paspampres dan TNI, sebab Presiden Jokowi juga akan hadir dalam acara tersebut. “Pengamanan di sepanjang jalur itu pasti akan kita lakukan, di dalam 20 rider nanti ada Presiden, protap RI 1, polisi, TNI, dan pastinya Paspampres” jelasnya.

Dalam keterangan resminya, Dorna Sports memastikan 20 pembalap akan melakukan parade di Jakarta pada tanggal 16 Maret 2022 sebelum terbang ke Sirkuit Mandalika Lombok pada tanggal 18 – 20 Maret, parade dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka, Presiden Jokowi akan menyambut para pembalap sebelum mereka melakukan parade.

“Sebelum menuju ke paddock di Lombok, perayaan dimulai dulu di Jakarta hari Rabu 16 Maret 2022, akan ada line up 20 pembalap yang luar biasa dan membuat parade yang unik, dimulai dan diakhiri di Istana Merdeka” bunyi pernyataan resmi Dorna Sports.

Baca Juga: PSSI Ancam Ganti Wasit Asing Jika Kinerja Tak Kunjung Berubah

Lebih lanjut, promotor perusahaan yang berasal dari Spanyol itu juga mengaku tidak sabar dengan ajang MotoGP Mandalika 2022 yang merupakan ajang Grand Prix pertama kalinya di Indonesia sejak tahun 1996.

Kendati demikian, Zulpan belum menyampaikan berapa jumlah personel yang akan ditugaskan untuk mengamankan parade tersebut, ia hanya menyebut parade ini akan bermanfaat pula untuk pariwisata Indonesia, “Kita dukung kebijakan pemerintah ini apalagi kan bagus tujuannya untuk promosi wisata Indonesia, Indonesia sekarang sudah siap bangkit setelah menghadapi pandemi covid19” tutup Zulpan dalam konferensi persnya.

Sementara itu Kepala Biro Operasional Polda NTB, kombes Imam Thobroni mengungkap persiapan menyambut MotoGP Mandalika 2022 semakin dimaksimalkan, pihaknya membuat lokasi penukaran tiket penonton di tiga koridor pintu masuk untuk mencegah kerumunan dan resiko antri lama. “Jadi usul penambahan loket tiket sudah disetujui, ada dua lokasi yang ditambahkan dan akan ditempatkan petugas disana” ujarnya.

Bagi Anda yang tidak menonton secara langsung di lokasi ajang MotoGP Mandalika 2022, tetap bisa menyaksikan siaran langsungnya yang disiarkan di TransTV.

Baca juga: Penonton MotoGP Di Sirkuit Mandalika Lombok Diizinkan Untuk Bawa Tikar Dan Kursi Dari Rumah Sendiri