PKL Ditjen Diktiristek Telah Dibuka! Begini Cara Daftarnya!

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) telah membuka pendaftaran praktik kerja lapangan (PKL). Begini syarat dan cara daftarnya!

PKL Ditjen Diktiristek Telah Dibuka! Begini Cara Daftarnya!
PKL Ditjen Diktiristek Telah Dibuka! Begini Cara Daftarnya!. Gambar : Kolase Instagram/@ditjen.dikti

BaperaNews - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) mengumumkan pembukaan pendaftaran praktik kerja lapangan (PKL) batch 15 melalui akun Instagram resminya @ditjen.dikti pada Rabu (22/11/2023).

Program PKL ini menawarkan mahasiswa kesempatan untuk merasakan pengalaman baru di dunia kerja sambil mengasah keterampilan mereka.

"Ingin merasakan pengalaman baru di dunia kerja sekaligus mengasah keterampilanmu? Siapkan dirimu untuk jadi bagian dari program PKL Ditjen Diktiristek Batch 15 untuk periode Januari-April 2024," tulis Ditjen Diktiristek dalam pengumuman resminya.

PKL Ditjen Diktiristek Batch 15 akan berlangsung selama empat bulan dan bukan termasuk dalam kategori Magang Merdeka. Ditjen Diktiristek memberikan penjelasan bahwa pengumuman untuk program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) akan diumumkan melalui IG Magang Merdeka.

Pendaftaran PKL Ditjen Diktiristek telah dibuka sejak 22 November 2023 dan akan berlangsung hingga 12 Desember 2023. Mahasiswa yang berminat dapat mendaftar secara online melalui link resmi: https://bit.ly/Pendaftaran_PKLbatch15_Diktiristek.

Batas waktu pengumpulan berkas pendaftaran pada Selasa, 12 Desember 2023 pukul 23.59 WIB. Ditjen Diktiristek menetapkan beberapa persyaratan umum bagi mahasiswa yang ingin mendaftar PKL.

Baca Juga : Magang Kemenkeu 2023 Periode 4 Dibuka, Begini Syarat dan Cara Daftarnya!

Mahasiswa yang berminat harus aktif sebagai mahasiswa di perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Selain itu, mereka juga harus memiliki mata kuliah wajib untuk mengikuti PKL atau magang sebagai salah satu syarat kelulusan.

Selain persyaratan umum, Ditjen Diktiristek juga menetapkan persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang mendaftar PKL.

Beberapa persyaratan ini meliputi surat pengantar dari pimpinan perguruan tinggi, kartu tanda mahasiswa, kartu rencana studi, CV dengan pas foto terbaru, portofolio, dan surat kesediaan diri untuk mengikuti program magang.

Program PKL Ditjen Diktiristek Batch 15 akan mencakup beberapa posisi yang dapat dilamar oleh mahasiswa, antara lain social media specialist dan copywriter, perancang grafis, videografer dan motion, kreator konten, serta humas.

Mahasiswa yang ingin mendaftar PKL Ditjen Diktiristek perlu memahami cara pendaftaran yang terinci.

Mereka dapat mengunjungi link resmi pendaftaran, mengisi data diri, memilih posisi yang diminati, dan menyusun berkas pendaftaran dalam satu folder Google Drive. Selanjutnya, berkas pendaftaran dapat diunggah dengan memasukkan link pada kolom registrasi.

Jika masih terdapat pertanyaan terkait pendaftaran PKL Ditjen Diktiristek, mahasiswa dapat menghubungi nomor WhatsApp 081229624162.

Baca Juga : Menpan RB Tetapkan Calon Kepala Dinas Wajib Magang 2 Bulan di BUMN