Piala Presiden Bulutangkis 2022: Makna Trofi Hingga Pemain Yang Bertanding!

PP PBSI secara resmi akan menggelar Piala Presiden bulutangkis 2022 dan menentukan trofi terbaik melalui sayembara, berikut makna trofi dan pemain.

Piala Presiden Bulutangkis 2022: Makna Trofi Hingga Pemain Yang Bertanding!
Pemain dan makna trofi di Piala Presiden Bulutangkis 2022. Gambar : VIVA/Pratama Yudha

BaperaNews - PBSI secara resmi akan menggelar Piala Presiden bulutangkis 2022 pada tanggal 1-6 Agustus 2022. Segala persiapan telah dilaksanakan, termasuk menentukan trofi melalui sayembara.

PBSI menggelar sayembara untuk umum yakni desain Piala Presiden untuk menentukan trofi yang terbaik, trofi inilah yang nantinya akan diperebutkan peserta. Ketum PP PBSI Agung Firman mengatakan sudah ada 80 karya yang masuk dan akhirnya yang terpilih karya seniman asal Garut bernama Mohammad Mufti Al Rajab.

“Saya ingin sampaikan keseriusan kami menggelar Piala Presiden bulutangkis 2022. Bahwa kejuaraan ini, pialanya kami sayembarakan desainnya dan diikuti 80 peserta dari Indonesia, yang menang ialah yang sudah jadi desain Piala Presiden 2022” ujar Agung dalam jumpa persnya di Pelatnas PBSI Cipayung (25/7).

“Ini menjadi simbol persatuan kita dan kami harap olahraga ini bukan hanya olahraga yang membanggakan namun semua perbedaan bisa merebut, orang bicara bulutangkis, bicara Indonesia, bangsa yang bersatu” imbuhnya.

Trofi yang didesain oleh Mohammad Mufti Al Rajab tersebut berdimensi tinggi 50 cm lebar 25 cm, dibagi empat bagian, di bagian depan tertulis Piala Presiden RI. Bentuk tapaknya terinspirasi dari tugu pancasila dengan peta Indonesia di reliefnya.

Baca Juga : Jadwal Timnas Indonesia Di Piala AFF U-16 2022, Satu Grup Dengan Vietnam

Lambing Garuda juga terpampang di Piala Presiden yang menggambarkan kebajikan, kesetiaan, keberanian, kekuatan, dan kedisiplinan Indonesia. Pada bagian ketiga ada pola candi, serta shuttlecock menghias bagian atas piala.

Turnamen Piala Presiden bulutangkis 2022 mendatang akan diselenggarakan di GOR Naggala, Cijantung, Jakarta.

Total hadiah yang diperebutkan lebih dari Rp 1 Miliar, pemain akan membela provinsinya masing-masing, daerah yang berhasil mendapat medali emas terbanyak yang berhak mendapat Piala Presiden 2022.

Berikut Pemain Di Piala Presiden Bulutangkis 2022 :

  • Tunggal Putra - Putri U-13.
  • Tunggal dan Ganda Putra - Putri U-15.
  • Tunggal, Ganda Putra - Putri U-17
  • Ganda Campuran U-17.

Agus menegaskan, Piala Presiden 2022 ini bertujuan untuk mencari bibit terbaik bulu tangkis untuk masa depan Indonesia sebagai regenerasi untuk menjaga prestasi Indonesia di ajang bulu tangkis dunia.

“Jadi pastinya yang masuk sudah skala professional, tapi kan kita butuh nih talenta baru, mulai dari U-13, jadi mereka tidak langsung masuk Pelatnas, tapi bakal kita pantau dan berikan rangking nasional agar mereka serius untuk meningkatkan rangking untuk kemudian gabung dengan Pelatnas” tandas Agus.