Piala AFF 2020: Indonesia Imbang 1-1 Melawan Singapura

Pertandingan Semifinal Piala AFF 2020 yang diselenggarakan di Stadion Nasional, pada Rabu (22/12). Timnas Indonesia imbang 1-1 melawan Singapura. Berikut Informasi Lengkapnya !

Piala AFF 2020: Indonesia Imbang 1-1 Melawan Singapura
Witan Sulaeman merayakan gol ke gawang Timnas Singapura di Piala AFF 2020. Gambar : Dok.PSSI

BaperaNews - Timnas Indonesia bermain imbang saat melawan Singapura dalam pertandingan pertama semifinal Piala AFF 2020 yang diselenggarakan di Stadion Nasional, pada Rabu (22/12). Meski cetak gol lebih dulu di akhir babak pertama, namun Singapura berhasil menyamai kedudukan sehingga skor akhir Indonesia 1-1 Singapura.

Pelatih Indonesia Shin Tae Yong kali ini menurunkan line up yang berbeda. Bintang lapangan Evan Dimas Darmono, Elkan Baggot, dan Ezra Walian disimpan oleh Shin Tae Yong di bangku cadangan.Dengan strategi berbeda, Shin Tae Yong menurunkan Rachmat Irianto, Rizki Ridho, dan Dedik Setiawan sebagai starter.

Singapura pun sebenarnya mendapat peluang emas pada menit ke-13. Buangan bola yang tidak sempurna tersebut mampu dikuasai oleh Ikhsan Fandi namun tembakannya berada di samping kiri gawang Nadeo Argawinata.

Pada babak pertama dari kedua kubu baik Indonesia maupun Singapura sama-sama saling menebar ancaman. Skuad Garuda berhasil memecah gol di menit ke-28 lewat Gol cantik dari Witan Sulaeman yang berhasil memecah kebuntuan.

Gol yang tercipta berkat kerja keras Asnawi Mangkualm yang terus bergerak dari sisi kanan yang diakhiri dengan umpan tarik yang sukses disambar oleh kaki kiri pemain Lechia Gdansk tersebut bersarang di pojok kiri gawang Hassan Sunny. 

Witan nyaris mencetak gol kedua di babak pertama pada menit ke-38. Namun sayang sepakannya dari jarak dekat usai menerima umpan Rachmat Irianto belum berhasil dieksekusi dengan baik. Bola menyasar ke samping gawang. 

Skuad Garuda mendominasi penguasaan bola di menit-menit akhir pertandingan babak pertama, namun tidak ada gol tambahan yang tercipta. Hingga skor 1 – 0 untuk keunggulan Indonesia hingga akhir babak pertama.

Pelatih Shin Tae Yong pun melakukan pergantian pemain di awal babak kedua. Dedik digantikan dengan Ezra. Dan Rizki Ridho digantikan oleh Elkan Baggot.

Kesalahan Pratama Arhan pada awal babak kedua yakni menit ke-48 nyaris menjadi petaka. Ikhsan Fandi yang berhasil merebut bola dari kaki Arhan, langsung melepaskan tembakan namun gagal dieksekusi hingga akhirnya melenceng tipis di sisi kanan gawang Nadeo.

Pertandingan pun semakin sengit di babak kedua. Singapura bermain lebih agresif dibandingkan babak pertama dalam melakukan tekanan untuk mengejar ketertinggalan. 

Hingga hasilnya, Singapura berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-70. Usai kesalahan dari umpan yang dilakukan oleh Alfeandra Dewangga yang membuka celah bagi Singapura untuk melakukan serangan balik.

Fahruddin dan Dewangga terjatuh sehingga mebuat Faris Ramli lebih leluasa melepaskan umpan terobosan ke dalam kotak penalti dan sukses dituntaskan oleh Ikhsan Fandi untuk membobol gawang Nadeo. 

Indonesia mendapatkan peluang bagus di menit ke-83 lewat tembakan keras dari Hanis Saghara. Namun sayang tembakan keras tersebut berhenti di luar kotak penalti sehingga masih bisa diantisipasi oleh Hassan Sunny.

Upaya dari kedua tim untuk menambah gol pun tidak terwujud hingga akhir laga dan harus menerima hasil imbang yakni 1-1.

Susunan pemain Indonesia vs Singapura :

Indonesia XI: Nadeo Arga Winata: Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizki Ridho; Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman, Pratama Arhan; Dedik Setiawan, Irfan Jaya.

Singapura XI: Hassan Sunny; Nazrul Nazari, Irfan Fandi, Safuwan Baharudin, Nur Adam Abdullah; Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Song Ui Young, Zulfahmi Arifin; Ikhsan Fandi, Faris Ramli.