Pesawat Susi Air Jatuh, Basarnas Pastikan Penumpang Selamat

Salah satu pesawat terbang dari maskapai Susi Air yang merupakan milik Susi Pudjiastuti jatuh di Papua pada Kamis 23 Juni 2022. Basarnas pastikan penumpang dalam pesawat selamat semua.

Pesawat Susi Air Jatuh, Basarnas Pastikan Penumpang Selamat
Pesawat Susi Air Jatuh, Basarnas Pastikan Penumpang Selamat. Gambar : Dok. susiair.com

BaperaNews - Salah satu pesawat terbang dari maskapai Susi Air yang merupakan milik mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, Susi Pudjiastuti jatuh di Papua pada hari Kamis 23 Juni 2022. Pesawat tersebut ialah Susi Air PK BVM yang melakukan perjalanandari Timika ke Duma Papua.

Sekretaris Perusahaan Airnav Indonesia, Rosedi menjelaskan kronologinya. Pesawat Susi Air berada dalam perjalanan dari Bandar Udara Moses Kilangin Timika menuju ke Airstrip Duma. “Pesawat dengan registrasi PK-BVM tipe Pilatus Porter PC-6 lepas landas dari Timika pada jam 05.32 WIT dengan pelayanan dari AirNav cabang pembantu Timika, diperkirakan sampai di Duma jam 05.49 WIT” ujarnya hari Kamis.

Keberangkatan pesawat penerbangan subsidi perintis tersebut berjalan normal membawa 6 penumpang, cuaca juga dalam kondisi cerah. “AirNav kemudian mendapat informasi dari pihak Susi Air bahwa PK-BVM kecelakaan, dan langsung ditindaklanjuti dengan menetapkan kondisi darurat serta koordinasi intens dengan Basarnas Timika, Lanud TNI AU Timika, serta penerbangan lain yang sedang berada di sekitar rute PK-BVM” lanjutnya.

Pesawat Susi Air kemudian ditemukan dalam kondisi crash sekitar 5 km dari Duma. “Berkat kerjasama yang baik dari semua pihak, semua kru dan penumpang PK-NVM ditemukan dalam keadaan selamat dan sudah dievakuasi ke RS Timika” terangnya.

Baca Juga : Mobil Listrik Mungil DFSK Sudah Berkeliaran Di Jalan Indonesia Pakai Plat B

Kapolres Mimika, AKBP I Gede Putra juga membenarkan kejadian tersebut, “memang benar ada insiden tersebut” ujarnya hari Kamis. Pesawat tersebut berjenis Pilatus Porter PK-BVM Dayle Peter Houzet.

Susi pun membenarkan kabar tersebut melalui akun Twitternya pada hari Kamis. “Jam 09.00 Captain Pilot dan semua penumpang selamat, mohon doa semua proses evakuasi dari lokasi bisa lancar dan mudah” ujarnya.

Sebab kecelakaan hingga hari ini belum dijelaskan. “Syukur Alhamdulillah dan terima kasih atas bantuan dan kesigapan tim Basarnas Timika dan TNI yang sudah berhasil evakuasi korban dengan selamat” tutupnya pada pukul 11.11 WIB hari Kamis.

Nama pilot dalam pesawat tersebut ialah Doyle Peter. Sedangkan enam penumpangnya ialah Lukas Dimpau, Leo Pimpiau, Seru Warkus Diabelu, Ficken Dimpau, Philipus Dimpau, dan Melina Dimpau. Semua kru dan penumpang pesawat selamat, evakuasi juga berjalan dengan baik dibantu oleh warga sekitar. Sebab kecelakaan masih dalam penyelidikan.