Pertemuan G20 Di Bali Besok, Menlu Ukraina Akan Hadir Secara Virtual

Dubes Ukraina konfirmasi bahwa Menlu Ukraina akan hadir di G20 Bali yang digelar pekan ini secara virtual dan Menlu AS tidak akan bertemu dengan Rusia.

Pertemuan G20 Di Bali Besok, Menlu Ukraina Akan Hadir Secara Virtual
Menlu Ukraina akan ikut pertemuan G20 di Bali secara virtual. Gambar : ukrinform.net

BaperaNews - Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba mengkonfirmasi akan hadir di G20 Bali yang digelar pekan ini secara virtual. “Dmytro Kuleba, Menlu Ukraina, akan berpartisipasi dalam sesi kedua konferensi menteri, pertemuan menteri di Bali secara virtual” ujar Dubes Ukraina untuk Indonesia, Vasyl Hamianin (5/7).

“Ia akan sampaikan pidato secara virtual, pidato tersebut bukan rekaman, melainkan disampaikan secara langsung, jadi kita tunggu saja apa yang akan Dmytro Kuleba, Menlu Ukraina sampaikan” imbuhnya.

Selain Menlu Ukraina, sejumlah Menlu lain yang dijadwalkan hadir pada G20 hari Kamis - Jumat 7-8 Juli 2022 yaitu Menlu AS Antony Blinken, Menlu Rusia Sergey Lavrov, Menlu China Wang Yi, dan Menlu Kanada Melanie Joly.

Kemenlu RI menyatakan acara FMM G20 Bali dilakukan dengan mengusung tema “Membangun dunia yang lebih damai, stabil, dan makmur”.

FMM G20 Dilaksanakan Dalam Dua Sesi :

  1. Sesi pertama membahas multilateralisme.
  2. Sesi kedua membahas keamanan pangan dan energi.

Indonesia menjadi Presidensi G20 di tahun ini, acara tetap dilaksanakan dengan semua anggota meski hubungan barat dan Rusia sedang panas akibat adanya operasi militer dan invasi Rusia ke Ukraina sejak 24 Februari 2022 lalu.

Indonesia sebagai ketuanya saat ini menjadi sorotan akibat desakan Negara barat untuk tidak mengundang Rusia, namun Indonesia dengan tegas menyatakan akan tetap mengundang Rusia, sebab Rusia juga anggota G20.

Sedangkan Jubir Menlu AS, Ned Price menegaskan Menlu Antony Blinken tidak akan bertemu secara bilateral dengan Rusia di acara FMM G20 Bali 7 - 8 Juli 2022.

“Bukan waktunya Menlu AS bertemu dengan Menlu Lavrov, Anda jangan harap ada pertemuan bilateral dengan Menlu Rusia Lavrov dalam kunjungan” ujar Menlu AS, Ned Price.

Baca Juga : Maudy Ayunda Ditunjuk Sebagai Juru Bicara Presidensi G20

“Kami akan menilai keseriusan Rusia terkait diplomasi, tapi kami belum melihatnya” imbuhnya. Seorang pejabat AS yang mengetahui tentang kunjungan Menlu AS, Blinken di G20 juga menyebut akan menolak foto dengan Menlu Rusia, Lavrov selama pertemuan.

Pertemuan para Menteri Luar Negeri G20 akan diadakan di Bali hari Kamis - Jumat tanggal 7-8 Juli 2022. Menlu RI Retno Marsudi menyampaikan seluruh Menlu Negara anggota dipastikan akan hadir dalam pertemuan FMM G20 tersebut.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat konfirmasi dari saluran diplomatik bahwa semua Menlu anggota G20 akan hadir di pertemuan FMM G20 di Bali” ujarnya. Menlu RI pun kemudian mengapresiasi komitmen para koleganya. Nenurutnya, komitmen dalam kepemimpinan mereka telah diperlihatkan demi menciptakan kemanusiaan dan perdamaian.

“Dunia menunggu pemimpin G20 untuk menunjukkan kepemimpinan bagi kemanusiaan, perdamaian, dan kemakmuran” jelas Retno Marsudi.