Perhatikan! Ini Aturan Pelanggan dan Layanan Hotel di Bali Saat Nyepi

Direktur Eksekutif PHRI Bali Ida Bagus memberikan informasi tentang jadwal layanan hotel di Bali saat Nyepi dan beberapa aturan yang berlaku untuk para tamu yang menginap.

Perhatikan! Ini Aturan Pelanggan dan Layanan Hotel di Bali Saat Nyepi
Aturan Pelanggan dan Layanan Hotel di Bali Saat Nyepi. Gambar : Detik.com/Dok. Nathania Riris Michico

BaperaNews - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) meminta para pengelola hotel di Bali memberi informasi kepada publik tentang jadwal layanan hotel di Bali saat Nyepi serta memberi informasi tentang aturan yang berlaku untuk para tamu yang menginap.

Hal ini menyusul adanya kepercayaan tentang Nyepi untuk pembatasan aktivitas yang akan diterapkan di seluruh wilayah Bali.

Hari Raya Nyepi jatuh pada Rabu (22/3), seluruh hotel dan restoran di Bali diminta untuk menghormati. “Tidak ada kegiatan yang bersifat kemeriahan di dalam lokasi hotel. Sebab hotel juga harus patuh pada Catur Brata Penyepian sesuai dengan kondisi” tutur Direktur Eksekutif PHRI Bali Ida Bagus Jumat (17/3).

Penyajian makanan dan aktivitas di hotel harus dibuat sangat sederhana, tidak menyertakan pesta dan hura-hura di dalam hotel ketika Hari Nyepi berlangsung selama 24 jam.

“Staf hotel hanya memberi layanan primer, menyiapkan makanan untuk tamu, kemudian aktivitas hotel disiapkan untuk hiburan tidak boleh dengan pesta pora, termasuk makanan itu sederhana saja” imbuhnya.

Aturan lain layanan hotel di Bali saat Nyepi dalam Catur Brata Penyepian ialah tidak memakai penerangan di malam hari atau disebut dengan Amati Geni. Terkait aturan ini, menurut Ida pihak hotel sudah mengetahuinya.

Baca Juga : Pemerintah: 23 Maret Cuti Bersama Hari Raya Nyepi

Pengelola hotel sudah berkoordinasi dengan desa setempat, pencahayaan di hotel diminimalisir agar tidak mencolok ketika malam hari.

“Di hotel juga dilakukan pemadaman lampu, biasanya sebelum hari Nyepi, pihak hotel sudah berkoordinasi dengan desa adat setempat dengan Pecalangnya” lanjutnya.

Ida juga tidak masalah juga pihak hotel memberi promo khusus layanan hotel di Bali saat Nyepi, boleh saja, asal tetap memperhatikan aturan.

Tamu yang menginap di hotel boleh melakukan aktifitas, masih boleh pula menikmati fasilitas hotel seperti spa, kolam renang, dan lainnya. “Sekali lagi tawaran paket Nyepi itu tinggal dan beraktivitas di dalam hotel, karena diikat oleh Catur Brata Penyepian” pungkas Ida.

Hari Raya Nyepi dilaksanakan selama 24 jam mulai pukul 06.00 WITA pada Rabu (22/3) hingga esok harinya di jam yang sama.

Selama Hari Raya Nyepi berlangsung, umat Hindu punya empat pantangan saat Hari Raya Nyepi yakni amati geni atau tidak menyalakan api, amati karya atau tidak bekerja dan berkegiatan fisik, amati lelanguan atau tidak mencari hiburan dan tidak berekreasi untuk bersenang-senang, serta amati lelungan atau tidak bepergian dan tidak melakukan perjalanan ke luar rumah.

Baca Juga : Catat! Ini Jadwal Libur Sekolah Puasa Ramadan 2023